Buah Durian: Baunya Menyengat tapi Bergizi Luar Biasa

by

Koran Jogja – Durian adalah buah tropis yang unik. Buah ini populer di Asia Tenggara, di mana ia dijuluki “raja buah.” Durian sangat tinggi nutrisi, mengandung lebih dari kebanyakan buah-buahan lainnya. (Healthline, 12/6)

Namun, mempunyai bau yang menyengat. Apa itu buah durian? Durian adalah buah tropis yang dibedakan oleh ukurannya yang besar dan kulit luarnya yang runcing dan keras.

Durian memiliki bau yang menyengat, daging seperti puding dengan biji besar. Ada beberapa varietas, tetapi yang paling umum adalah Durio zibethinus.

Daging buahnya bisa bermacam-macam warnanya. Ini paling sering berwarna kuning atau putih, tetapi juga bisa berwarna merah atau hijau. Durian tumbuh di daerah tropis di seluruh dunia, terutama di negara-negara Asia Tenggara seperti Malaysia, Indonesia, dan Thailand.

Manfaat durian untuk kesehatan

Semua bagian tanaman durian, baik itu daun, kulit, akar, dan buah telah digunakan dalam pengobatan tradisional Malaysia untuk mengobati berbagai penyakit, termasuk demam tinggi, penyakit kuning, dan kondisi kulit.

Studi menunjukkan bahwa buah durian menawarkan manfaat kesehatan berikut:

– Mengurangi risiko kanker. Antioksidannya dapat menetralisir radikal bebas penyebab kanker. Dalam satu penelitian tabung reaksi, ekstrak durian mencegah penyebaran sel kanker payudara.

– Mencegah penyakit jantung. Beberapa senyawa dalam durian dapat membantu mengurangi kadar kolesterol dan risiko aterosklerosis, atau pengerasan pembuluh darah.

– Melawan infeksi. Kulitnya mengandung senyawa yang memiliki sifat antibakteri dan anti-ragi.

– Menurunkan gula darah. Durian memiliki indeks glikemik (GI) yang lebih rendah daripada banyak buah tropis lainnya, yang berarti dapat meningkatkan kadar gula darah lebih sedikit.

Sementara penelitian ini menunjukkan harapan, banyak yang telah dilakukan pada hewan atau dalam tabung reaksi. Tidak ada klaim kuat yang dapat dibuat sampai manfaat kesehatan durian telah dikonfirmasi oleh penelitian terkontrol pada manusia.

Berpotensi berbahaya dalam kombinasi dengan alkohol

Mengkonsumsi durian bersamaan dengan alkohol dapat menyebabkan masalah. Para ilmuwan percaya bahwa senyawa seperti belerang dalam durian dapat mencegah enzim tertentu memecah alkohol, menyebabkan peningkatan kadar alkohol dalam darah Anda.

Ini dapat menyebabkan gejala seperti mual, muntah, dan jantung berdebar. Untuk amannya, hindari makan durian dan minum alkohol secara bersamaan.

Cara makan durian

Membuka kulit durian yang keras dan berduri seringkali membutuhkan sarung tangan atau sarung tangan untuk melindungi tangan Anda. Anda perlu memotong kulit durian dengan pisau dan membukanya dengan tangan Anda sebelum mengeluarkan daging durian dengan lembut.

Anda kemudian bisa memakannya langsung, dipasangkan dengan ketan, atau sebagai bahan dalam berbagai masakan. Anda dapat menemukan tutorial tentang cara membuka buah durian, serta banyak resep, secara online.

Dagingnya juga dijual beku, yang sedikit mengubah teksturnya, membuatnya lebih longgar dan lebih berserat.

Durian juga digunakan dalam makanan siap saji, seperti permen. Namun, meskipun ini mungkin memberi Anda contoh rasanya, itu tidak akan memberi Anda manfaat kesehatan.

Kenapa bau durian menyengat?

Pendapat beragam tentang bau durian. Beberapa orang menyukainya, sementara yang lain membencinya. Baunya sangat kuat dan telah digambarkan sebagai kombinasi belerang, kotoran, buah, madu, dan bawang panggang dan busuk.

Sebuah studi tentang senyawa aromatik dalam durian menemukan 44 senyawa aktif, termasuk beberapa yang berkontribusi terhadap aroma sigung, karamel, telur busuk, buah, dan bumbu sup.

Aroma buahnya sangat kuat sehingga dilarang di banyak hotel dan sistem transportasi umum di Asia Tenggara. Kesan Anda terhadap buah tergantung pada apakah Anda mencium aroma manis atau senyawa yang lebih tajam. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *