Cara Membuat Mainan Kertas Origami Burung

by

Koran Jogja – Kebutuhan adalah ibu dari penemuan. Sebelum luasnya internet, ada beberapa cara kreatif untuk membuat game dan mainan sederhana di rumah.

Jika Anda tidak berhasil pergi ke toko kerajinan untuk membeli bahannya, tak perlu khawatir. Proyek pada saat masih di sekolah ini hanya membutuhkan bahan dasar seperti pena, kertas, gunting, dan lem.

Jadi, jika Anda sedikit bosan di rumah dan inspirasi mulai kosong, cobalah menarik beberapa ide aktivitas dari masa kecil Anda sendiri dan bisa juga untuk memberikan edukasi kepada anak Anda.

Salah satu mainan yang bisa dibuat di rumah yakni origami.

Salah satu proyek origami paling sederhana untuk anak-anak adalah burung yang menggemaskan, yang hanya membutuhkan waktu beberapa menit.

Duduklah di sebelah anak-anak Anda. Ingatlah untuk menunggu mereka menyelesaikan setiap langkah sebelum melanjutkan ke langkah berikutnya.

Dikutip dari Wikihow, ada beberapa tahapan untuk membuat origami burung.

cara membuat origami burung

1. Ambil selembar kertas persegi. Untuk membuat kertas persegi Anda sendiri: lipat salah satu sudut selembar kertas persegi panjang secara diagonal untuk membentuk segitiga; kemudian, potong sisa kertas. Anda dapat menggunakan kertas ukuran apa saja, tetapi kertas origami dan kertas A4 adalah yang terbaik.

2. Lipat X besar ke dalam kertas. Jika Anda belum melakukannya, lipat persegi menjadi dua secara diagonal. Ulangi ke arah lain. Buka lipatan kertas dan Anda akan melihat tanda X.

3. Balikkan kertas. Pastikan bagian tengah X yang sedikit terangkat mengarah ke atas (seperti bagian atas piramida yang sangat datar).

4. Lipat + besar ke dalam kertas. Pertama secara vertikal dan horizontal untuk membentuk + yang berpotongan dengan pusat X. Setelah selesai, lipatan + akan menekuk ke arah yang berlawanan dengan X.

5. Bawa semua sudut ke tengah. Bentuknya mirip dengan origami “peramal” (alias “cootie catcher”) yang digunakan dalam permainan anak-anak.

6. Ratakan kertas menjadi persegi. Balikkan kertas, sehingga Anda memiliki berlian dengan ujung terbuka menghadap Anda.

7. Lipat tepi atas berlian ke dalam menuju garis tengah. Mulailah dengan memastikan bukaan berada di bagian atas berlian.

– Pegang sudut kanan lapisan atas dan lipat ke bawah dan ke dalam ke arah tengah, lalu ulangi di sisi kiri.
– Balikkan kertas dan ulangi pada lapisan lainnya

8. Buka perlahan semua lipatan yang Anda buat di Langkah 7.

9. Tarik ke atas sudut bawah berlian, buka. Meratakan. Balikkan kertas dan ulangi. Anda harus berakhir dengan bentuk layang-layang.

10. Pegang bentuk berlian baru Anda dengan ujung terbelah ke atas dan lipat setiap titik teratas sehingga mengarah ke bawah dan ke luar ke samping.

11. Lipat sisa lapisan layang-layang ke bawah (depan dan belakang).

12. Ambil salah satu titik samping yang terbentuk pada langkah 10 dan jepit ujungnya untuk membentuk kepala. Tarik sedikit ke bawah, balikkan lipatannya, dan tekuk ke bawah.

13. Putaran sayap. Tarik mereka keluar dari tubuh dan bulatkan dengan tangan Anda.

14. Buat sayap burung Anda. Jepit dan tarik burung pada leher dan ekornya. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *