Jumlah Minggu Dalam Trimester Dua dan Hal Yang Perlu Diperhatikan

by

Koran Jogja – Jumlah minggu dalam trimester dua kehamilan yakni ada 13 minggu. Pada periode ini adalah saat ketika banyak wanita akan merasa berenergi dan sehat.

Anda akan terlihat hamil, dan terasa mulai berat sehingga sulit untuk bepergian. Ini juga merupakan masa pertumbuhan dan perkembangan yang cepat untuk bayi Anda, dan mungkin menemukan diri Anda sibuk dengan pemeriksaan kesehatan dan perencanaan kelahiran.

Berikut adalah penjelasannya yang dikutip dari berbagai sumber.

Apa itu trimester kedua?

Trimester kedua mewakili bagian tengah kehamilan Anda, dari minggu 13 hingga 26. Bagi banyak wanita, salah satu hal terbaik tentang trimester ini adalah mual mungkin mulai mereda.

Apa yang terjadi pada tubuh Anda?

Tubuh Anda akan mengalami beberapa perubahan besar selama trimester kedua. Rahim Anda akan tumbuh, dan Anda mungkin merasa tidak nyaman atau sakit saat ligamen rahim meregang.

Anda akan mulai merasakan kulit Anda meregang di sekitar perut dan payudara Anda, yang dapat menyebabkan gatal-gatal ringan. Beberapa wanita mendapatkan stretch mark di area ini, yang cenderung memudar seiring waktu.

Meskipun berat bayi Anda kurang dari satu kilo, volume darah Anda akan meningkat untuk memenuhi tuntutan semua pertumbuhan yang terjadi di dalam diri Anda, yang berarti Anda akan menambah berat badan.

Suasana hati

Kehamilan bisa menjadi waktu yang menyenangkan dan menyenangkan, tetapi penting juga untuk merasakan beberapa hari kecemasan yang meningkat atau suasana hati yang rendah.

Terkadang salah satu atau kedua orang tua mengalami emosi yang sulit selama kehamilan, seperti khawatir tentang kelahiran atau tentang mengatasinya sebagai orang tua.

Perasaan cemas tidak jarang terjadi, dan beberapa wanita akan mengalami gejala kondisi yang disebut gangguan kecemasan. Depresi antenatal adalah gangguan suasana hati yang mencakup perubahan emosional yang intens di luar yang mungkin Anda harapkan selama kehamilan.

Jika Anda khawatir tentang perasaan cemas, suasana hati yang buruk, atau depresi, Anda dapat menemui dokter, dokter kandungan, perawat kesehatan anak atau bidan Anda.

Apa yang terjadi pada bayi?

Selama trimester kedua, bayi Anda akan tumbuh dari sekitar 7,5 cm, dan beratnya 30 gram pada minggu ke-13, menjadi sekitar 23cm dan 820 gram pada minggu ke-26.

Bayi Anda akan dapat bergerak bebas di dalam kantung ketuban di dalam rahim Anda. Sekitar minggu ke 19 (atau lebih cepat jika ini bukan kehamilan pertama Anda), Anda mungkin merasakan gerakan ini – sebagai gelitik samar atau berdebar-debar.

Selama 3 bulan ini, organ bayi Anda akan terus berkembang dan hati, pankreas, dan ginjal semuanya mulai berfungsi. Ini juga merupakan saat ketika bayi mungkin mulai mengisap ibu jarinya.

Pada minggu ke-20, bayi Anda dapat mendengar suara, termasuk suara detak jantung Anda, dan mereka belajar mengenali suara Anda, meskipun telinganya belum sepenuhnya terbentuk.

Apa yang dapat Anda harapkan pada kunjungan antenatal Anda?

Kunjungan antenatal secara teratur adalah bagian penting untuk tetap sehat dan memastikan bayi Anda sehat.

Seberapa sering Anda menemui ahli kesehatan Anda akan tergantung pada keadaan pribadi Anda, tetapi bagi banyak wanita, kunjungan akan dilakukan setiap 4 hingga 6 minggu.

Pada semua kunjungan selama trimester kedua, tekanan darah Anda akan diperiksa, dan tangan dan kaki Anda juga akan diperiksa untuk pembengkakan. Anda mungkin ditimbang, diambil darahnya untuk tes dan diperiksa urin Anda.

Dokter atau bidan Anda akan memeriksa perut Anda untuk memantau pertumbuhan bayi Anda dan akan mendengarkan detak jantung bayi Anda. Jika Anda tidak melakukan USG pada trimester pertama, Anda mungkin akan ditawarkan pada sekitar 18 hingga 20 minggu.

Bagaimana agar tetap sehat?

Makan dengan baik dan tetap aktif sama pentingnya selama kehamilan – baik untuk kesehatan fisik dan emosional Anda, dan juga baik untuk bayi Anda.

Olahraga ringan hingga sedang dalam kehamilan biasanya aman: pertimbangkan untuk berjalan kaki, berenang, yoga, dan bersepeda stasioner pada trimester kedua Anda. Olahraga dan aktivitas berdampak tinggi yang berisiko jatuh, terluka (terutama di sekitar perut) atau kepanasan tidak disarankan.

Pilihan makanan Anda selama kehamilan juga penting – tetapi itu tidak berarti ‘makan untuk dua orang’. Apa yang Anda makan selama kehamilan telah terbukti mempengaruhi bagaimana bayi Anda tumbuh serta kesehatan bayi Anda di kemudian hari.

Tanyakan kepada bidan atau dokter Anda tentang pendidikan antenatal yang tersedia di daerah Anda.

Pertimbangkan untuk pergi ke kelas bersama dengan pasangan bersalin Anda – Anda tidak hanya akan belajar banyak tentang bagaimana mempersiapkan persalinan, Anda akan bertemu orang-orang yang akan berbagi pengalaman mereka menjadi orang tua.(reh)