KPU Gunungkidul Verfikasi Faktual Dua Pasangan Independen

by

Gunungkidul – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Gunungkidul dijadwalkan melakukan verifikasi faktual terhadap dua pasangan calon independen yang sebelumnya telah dinyatakan lolos verfikasi administrasi (vermin) untuk penyelenggaran Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020. Dalam pelaksanaannya, petugas nantinya dibekali dengan Alat Pelindung Diri (APD) dan menjalankan protokol kesehatan guna mencegah timbulnya klaster kasus Corona.

Ketua KPU Gunungkidul Ahmadi Ruslan Hani mengatakan dua pasangan independen yang telah ditetapkan lolos vermin yakni Anton Supriyadi dengan Suparno dan pasangan Kelik Agung Nugroho dengan Yayuk Kristiawati. Dalam vermin mereka memenuhi syarat dukungan minimal sebanyak 45.443 orang.

“Keduanya syarat dukungan minimal dan persebarannya. Setelah vermin, dilakukan verfikasi faktual yang pelaksanaannya dilakukan pada 24 Juni sampai 12 Juli,” kata dia.

Hani mengungkapkan, sebelumnya hanya Anton Supriyadi dengan Suparno saja yang lolos tahapan vermin. Namun pasangan Kelik Agung Nugroho dengan Yayuk Kristiawati mengajukan gugatan sengketa ke Bawawslu Gunungkidul dan putusannya berupa penghitungan ulang. “Setelah penyerahan (dukungan) ulang, kami cek lagi dan memenuhi syarat,” katanya.

Hani mengatakan petugas yang akan melakukan verifikai faktual nantinya mendatangi para pendukung dari dua pasangan itu. Mereka dibekali dengan APD dan menjalankan protokol kesehatan pencegahan penularan Covid-19.

“Petugas kami bekali dengan APD, memakai masker, hand sanitizer. Kemudian juga tidak bersentuhan langsung dengan pendukung serta jaga jarak,” ucapnya.

Hani menyebut setelah verifikasi faktual, kemudian dilakukan perekapan, apakah memenuhi syarat atau tidak. Jika belum, maka diminta melakukan perbaikan.

“Setelah dinyatakan memenuhi syarat, nanti bersamaan dengan pasangan yang diusung partai politik melakukan pendaftaran pada September untuk dinyatakan sebagai calon tetap,” ujarnya.

Terpisah, Ketua KPU Sleman Trapsi Haryadi mengatakan untuk di Sleman pada pelaksanaan Pilkada 2020 ini tidak ada yang maju melalui jalur independen. “Untuk calon dari parpol sampai saat ini belum kelihatan. Nanti pada September langsung di tahap pendaftaran,” ucapnya.

 

Simak videonya di Sini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *