Mahasiswa Difabel UNY, Mampu Diwisuda dengan IPK 3,5

by

Sleman, Koran Jogja – Devita Amalia Anggraini, mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) berkebutuhan khusus mampu meraih indeks prestasi luar biasa dalam kelulusannya yaitu 3,5. Gadis kelahiran 24 Desember 1997 tersebut dari diwisuda pada Sabtu (26/2) lalu.

Devita dari Anggraini program studi Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan yang menyandang tunadaksa.

Ia mengalami ketunadaksaan karena kecelakaan pada usia tumbuh kembang yang menyebabkan adanya kesulitan dalam mobilitas untuk dapat berjalan dengan normal.

“Pada awal usia sekolah dasar saya masih dapat berjalan tanpa alat bantu namun seiring pertambahan usia terdapat perbedaan panjang antara kaki kanan dan kiri,” katanya dalam keterangan tertulisnya, Senin (28/2).

Devita harus memakai alat bantu kruk diberikan untuk menunjang mobilitas secara mandiri. Kondisi disabilitas kaki Devita hanya berada pada kaki kanan, sehingga kaki kiri masih dapat berjalan secara normal.

“Saya dapat mobilitas secara mandiri dengan adanya motor yang dimodifikasi sehingga dapat menunjang aktivitas saya” ungkapnya.

Alumni SMKN 7 Yogyakarta program studi akuntansi tersebut diterima di UNY melalui jalur seleksi mandiri ujian tulis satu tahun setelah lulus SMK atau gap year.

Anak pertama pasangan Wartadi seorang buruh catering dan Wiwik seorang ibu rumah tangga tersebut diterima di prodi Pendidikan Luar Biasa FIP UNY.

Selama masa perkuliahan Devita tidak menemui banyak kendala. “Perasaan minder yang muncul terkadang adalah karena saya difabel namun saya tidak memiliki pengetahuan atau pengalaman mengenai difabel yang lain yang membuat saya merasa tidak mengetahui apapun tentang kondisi yang saya alami,” katanya.

Dengan segala keterbatasan yang dimiliki, Devita masih mampu meraih indeks prestasi luar biasa dalam kelulusannya yaitu 3,5.

Devita berharap kedepannya dapat segera memperoleh pekerjaan yang sesuai seperti masuk dapodik, ikut PPG dalam jabatan atau masuk PPPK. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *