Sabtu, 20 April 2024
Koran Jogja

Tips Penting Rawat Water Heater Gas Agar Tahan Lama

Sumber : Ariston
Sumber : Ariston

Koran Jogja – Perawatan water heater gas merupakan langkah penting untuk menjaga perangkat tersebut tetap bekerja secara optimal. Selain itu, untuk memastikan konsumsi gas sebagai bahan bakar unit tetap normal. 

Water Heater gas adalah produk yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan mandi air hangat untuk rumah tangga. Seperti diketahui, perangkat ini menggunakan kompor gas. Ketika air dingin dimasukkan ke dalam tangki melalui tabung, pembakar ini memanaskan air. 

Karena menggunakan bahan bakar gas, produk Water Heater satu ini tidak membutuhkan energi listrik. Semakin tinggi pengaturan suhu, semakin banyak gas yang digunakan untuk mencapai dan mempertahankan suhu tersebut.

Bagaimana Melakukan Perawatan Water Heater Gas

Kebanyakan Water Heater gas akan bertahan 12 hingga 15 tahun sebelum perlu diganti. Berikut beberapa item perawatan Water Heater sederhana yang dapat membantu memperpanjang umur Water Heater gas Anda.

Periksa Termostat

Periksa suhu air yang keluar dari keran Anda. Suhunya harus kira-kira 120 derajat atau sesuai dengan pengaturan termostat Water Heater Anda. Jika tidak, mungkin ada beberapa faktor yang berperan.

Pertama, thermostat pada Water Heater Anda mungkin tidak beroperasi dengan benar. Kedua, Anda mungkin kehilangan panas melalui pipa yang tidak berinsulasi saat air panas mengalir dari tangki Water Heater ke keran. Dan ketiga, Water Heater Anda mungkin memiliki endapan yang menumpuk sehingga menyebabkannya tidak bekerja secara efisien.

Seluruh produk Ariston diproduksi dengan material berkualitas tinggi yang aman digunakan, baik untuk pengguna rumahan maupun komersial.

Buang sedimen dari tangki setiap tahun

Sedimen adalah penyebab utama Water Heater tidak berfungsi atau bahkan berhenti bekerja. Itu dibangun dari mineral yang secara alami ada dalam air, dengan zat-zat yang terkumpul di dasar tangki.

Sedimen ini mungkin berbentuk pasir atau partikel kecil, sehingga menciptakan penghalang yang tidak perlu. Hal ini mempersulit pemanas untuk memanaskan berbagai peralatan di seluruh rumah.

Setahun adalah waktu yang cukup bagi sedimen untuk menyumbat dasar tangki. Itu sebabnya pembilasan setiap tahun dapat meningkatkan umur Water Heater gas. Dan itu adalah bagian yang sangat penting dalam pemeliharaan Water Heater Anda.

Waspada Bau Busuk atau Air Tidak Sedap

Rasa logam pada air bukan hal yang seharusnya Anda sepelekan. Anda sebaiknya memeriksa Water Heater Anda untuk memastikan keamanannya. Bau ini mungkin menunjukkan adanya bakteri di Water Heater Anda, atau sudah waktunya mengganti batang anoda.

Ketahui Suara Aneh

Berdentang, meletus, mendesis dan bergemuruh, apapun suara aneh yang dihasilkan Water Heater Anda, maka segera periksa. Sebagian besar suara tidak berbahaya, namun beberapa dapat mengindikasikan penumpukan sedimen, terutama jika suara tersebut terus terdengar.

Agar memastikan perangkat water heater mampu memenuhi kebutuhan air panas di rumah, sudah seharusnya Anda memilih unit terbaik. Kemudian, memiliki tingkat keamanan yang membuat Anda nyaman. Namun jangan khawatir, Ariston hadir dengan varian produk Water Heater berkualitas. 

Sebagian besar produk Water Heater gas modern sudah dilengkapi dengan sistem keamanan berlapis, termasuk Ariston, yang sudah dilengkapi katup gas dengan keamanan tiga jenis. Nah, untuk warga yogyakarta Anda bisa mendapatkan produk-produk Aristone terbaik tersebut di Ariston Jogja. Pastikan gunakan perangkat Water Heater terbaik dari Ariston. (*)