6 Makanan yang baik dikonsumsi sebelum tidur

by

Koran Jogja – Tidur adalah fase pemulihan tubuh dalam sehari. Ini adalah saat otot dapat memperbaiki, otak dapat diisi ulang, dan manfaat lain terjadi yang masih belum sepenuhnya kita pahami. (Healthline, 14/6)

Studi menunjukkan bahwa kurang tidur menyebabkan kita mencari makanan berkalori tinggi keesokan harinya.

Ini dapat memperpanjang siklus tidur yang terganggu dan mengakibatkan kesehatan yang buruk secara keseluruhan.

Penelitian baru mengkonfirmasi apa yang telah lama dikatakan dokter: Makanan dan tidur berjalan beriringan.

Ada beberapa makanan dan perubahan pola makan kecil yang dapat Anda masukkan ke dalam hari Anda untuk malam yang lebih nyenyak.

1. Teh kamomil

Teh sering menjadi pilihan favorit saat waktunya bersantai. Beberapa teh tanpa kafein membantu meningkatkan rasa kantuk. Tetapi apakah ada di antara mereka yang berfungsi seperti yang diiklankan?

Teh chamomile telah digunakan sebagai obat penenang alami dan pemicu tidur, dan satu ulasan menunjukkan bahwa ini sangat benar. Kehangatan air juga bisa menaikkan suhu tubuh, seperti dibalut selimut hangat. Halo, Snoozeville.

2. Segelas susu hangat

Obat ibu tidak pernah gagal. Segelas susu hangat sebelum tidur dapat membantu Anda tidur lebih nyenyak. Selain menyeruput yang menenangkan, susu mengandung tryptophan, asam amino yang terkait dengan kualitas tidur yang lebih baik.

Triptofan juga ditemukan di Parmesan dan keju cheddar. Beberapa keju dan biskuit sebelum tidur dapat membantu Anda tertidur dengan tenang.

3. Protein berat triptofan

Triptofan paling terkenal karena berada di kalkun, karena banyak orang mengantuk setelah makan malam kalkun Thanksgiving.

Sementara triptofan hadir di kalkun, kadarnya mirip dengan protein lain dan tidak cukup tinggi untuk membuat Anda pingsan.

Mungkin ada hubungan antara triptofan dan serotonin, pembawa pesan kimiawi yang membantu menghasilkan pola tidur yang sehat serta meningkatkan suasana hati Anda. Telur, tahu, dan salmon adalah beberapa makanan yang mengandung triptofan.

4. Pisang

Pisang tidak hanya mengandung beberapa triptofan – mereka juga kaya akan potasium. Ini adalah elemen penting untuk kesehatan manusia dan juga pelemas otot alami. Menurut sebuah penelitian, kadar potasium juga berperan dalam tidur, dengan lebih banyak manfaat waktu tidur.

Pisang juga mengandung magnesium. Sebuah studi terkontrol plasebo double-blind menemukan bahwa meningkatkan asupan magnesium seseorang dapat membantu mengobati insomnia dan masalah terkait tidur lainnya.

5. Sumber magnesium lainnya

Sumber makanan lain yang kaya magnesium meliputi:

– bayam, kangkung, brokoli, dan sayuran hijau tua
– susu, dengan jumlah tertinggi dalam susu non-skim
– sereal, oatmeal, dan serpih dedak
– biji wijen, biji bunga matahari, almond, dan kenari

Selain tidur yang sehat, mendapatkan jumlah magnesium yang tepat dapat membantu mencegah stroke, serangan jantung, dan penyakit tulang.

6. Melatonin

Melatonin adalah hormon yang diproduksi dalam tubuh Anda. Ini sebagian bertanggung jawab untuk mengatur ritme sirkadian seseorang, atau siklus tidur-bangun mereka.

Melatonin mungkin juga efektif dalam meredakan masalah tidur. Ini tersedia dalam bentuk suplemen dan disebut-sebut sebagai obat pemicu tidur.

Makanan dengan melatonin alami meliputi:

– kacang pistasi
– anggur
– tomat
– telur
– ikan

Selain menambahkan beberapa makanan ke dalam diet Anda, ada juga yang dapat Anda kurangi untuk membuat waktu tidur lebih tertahankan.

Penyebab yang jelas adalah kafein. Itu datang dalam berbagai bentuk selain secangkir kopi terakhir untuk membantu Anda melewati hari kerja. Cokelat, banyak teh, dan minuman dan produk “energi” yang tak terhitung jumlahnya juga dapat membuat sulit tidur.

Kurangi alkohol jika Anda benar-benar membutuhkan tidur yang berkualitas. Meskipun mungkin membuat Anda merasa mengantuk, itu mengurangi kualitas tidur Anda.

Perubahan kecil lainnya yang dapat Anda lakukan

Sama seperti kalori yang Anda masukkan membuat perbedaan, kalori yang Anda keluarkan sama pentingnya.

Melakukan 30 menit sehari latihan kardiovaskular adalah kunci untuk kesehatan secara keseluruhan. Ini juga membantu tubuh Anda mati di malam hari.

Perubahan kecil lainnya adalah menghindari waktu layar, terutama di tempat tidur. Ini termasuk TV, tablet, dan smartphone.

Satu studi menemukan bahwa orang dewasa dengan lebih banyak waktu layar secara keseluruhan memiliki lebih banyak kesulitan jatuh dan tetap tidur.

Studi lain menemukan bahwa membatasi waktu layar untuk anak-anak juga meningkatkan kualitas tidur mereka. Jadi, berhenti membaca ini dan tidurlah!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *