Akhir Pekan, Kendaraan Ke Malioboro Sesuai Tanggal

by

Yogyakarta, Koran Jogja – Polresta Yogyakarta resmi bakal menerapkan aturan ganjil genap bagi kendaraan yang akan masuk ke obyek wisata di Kota Yogyakarta pada akhir pekan. Penetapan ganjil genap disesuaikan dengan kalender yang berlaku.

“Bersamaan dengan pelaksanaan Operasi Patuh Progo 2021, rekayasa ganjil genap ke berbagai obwis di Kota Yogyakarta pada akhir pekan berlaku resmi,” kata Kapolres, Senin (20/9) usai apel gelar pasukan.

Purwadi mengatakan untuk kawasan Malioboro, penerapan ganjil genap bagi kendaraan yang masuk sudah diberlakukan pada akhir pekan lalu. Mulai hari ini akan terus berlaku sampai 3 Oktober, sesuai masa Operasi Patuh Progo 2021.

“Untuk Malioboro kami siapkan 3 pos yaitu Pos Tugu, Kretek, dan Gardu Anim,” ujarnya.

Dalam penerapannya, pada Sabtu-Minggu polisi akan mengawasi kendaraan yang melintas dan hanya mengijinkan kendaraan yang sesuai tanggal untuk bisa melintas.

Kapolres mencontohkan, seperti Sabtu (25/9) besok, dimana kalender ganjil, maka kendaraan yang boleh melintas di Jalan Malioboro dan tiga destinasi wisata yang sudah dibuka haruslah berplat ganjil.

“Rekayasa diberlakukan bagi semua kendaraan, baik kendaraan pribadi roda empat maupun roda dua,” tambahnya.

Karena itu Dirinya meminta masyarakat memahami kebijakan yang bertujuan mengurangi potensi kerumunan setiap akhir pekan. Atas pemberlakuan tersebut, titik penyekatan jalan yang sebelumnya diterapkan kini hanya dipindahkan untuk memantau kendaraan berplat ganjil dan genap.

“Penyekatan bukan tidak ada, kami hanya berpindah untuk memudahkan monitoring ganjil genap,” katanya.(set)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *