Alun-alun Utara Akan Dibangun Pagar Sekelilingnya

by 5 months ago

Yogyakarta – Pemda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) akan membangun pagar yang mengelilingi Alun-alun Utara dalam waktu dekat nanti. Sebagai upaya penataan dan pelestarian cagar atau warisan budaya.
Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X mengatakan pembangunan pagar tersebut saat ini masih dalam tahap sosialisasi kepada warga.

“Tujuannya ya kembali ke yang dulu. Dulu awal, Alun-alun itu dipagari,” kata Sultan di DPRD DIY pada Senin (8/6).
Sultan mengungkapkan dulunya tidak hanya Alun-alun saja yang dipagari. Namun juga di kawasan menuju ke Rotowijayan, Yudonegaran, atau juga ke utara arah Kantor Pos Yogyakarta juga ada pagar.

“Itu dulu ada pintu gerbang semua. Hanya karena berganti jumeneng dan jaman mungkin ya seperti sekarang,” katanya.

Sultan mengatakan nantinya tetap ada pintu masuk untuk akses masyarakat umum yang akan masuk ke dalam. “Tetap ada pintu, nanti kalau ada acara untuk Gerebeg dan sebaginya kan,” ucapnya.

Belum lama ini beredar surat dengan kop Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat tertanggal 5 Juni 2020. Surat tersebut tentang sosialisasi pembangunan pager Alun-alun Utara Keraton Ngayogyakarta.

Dalam surat itu menyatakan sebagai upaya pelestarian bangunan cagar budaya dan warisan budaya Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat, serta menjaga bersama dalam pemeliharaan warisan budaya maka Gusti Kanjeng Ratu Condrokirono selaku Penghageng Kawedanan Hageng, Panitrapura Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat, akan mengadakan penataan area Alun-alun Utara.

Untuk merealisasikan hal tersebut, Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat akan membangun pagar mengelilingi Alun-alun utara dalam waktu dekat ini.(rid/roy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *