Apa itu Tepung Terigu?

by

Koran Jogja – Tepung terigu adalah bubuk yang terbuat dari penggilingan gandum, pembuatannya dapat digunakan untuk konsumsi manusia. Ada berbagai jenis tepung terigu, dibedakan berdasarkan jumlah gluten yang dikandungnya, warnanya, bagian gandum yang digunakan, dan jenis gandumnya.

Tepung terigu adalah bahan penting dalam roti, kue, kue kering, dan sebagian besar makanan yang dipanggang.

Apa itu Tepung Terigu?

Tepung terigu dibuat dari penggilingan bagian biji gandum. Ada tiga bagian utama dari biji-bijian:

– Endosperm, atau bagian protein/tepung
– Dedak, bagian yang kaya serat

Tepung putih dibuat hanya dari endosperma. Tepung coklat termasuk kuman dan dedak. Tepung gandum utuh mencakup ketiga bagian tersebut.

Setelah setiap bagian telah dipisahkan, itu digiling menjadi bubuk. Tepung putih memiliki warna kekuningan alami tetapi sering diputihkan atau dicampur dengan bahan kimia pengoksidasi untuk menghasilkan warna putih.

Gandum diklasifikasikan berdasarkan beberapa karakteristik yang berbeda: musim tumbuh (gandum musim semi atau musim dingin), warnanya, apakah “keras” atau “lunak”, berdasarkan jumlah protein yang dikandungnya, dan jumlah protein tertentu.

Gandum keras biasanya berwarna perunggu dan memiliki kandungan gluten lebih tinggi daripada gandum lunak, yang merupakan warna emas muda.

Varietas

Gluten secara alami terjadi dalam gandum. Ini adalah protein yang memberi struktur makanan yang dipanggang. Gluten berkembang dan menjadi lebih elastis saat adonan diremas. Tepung kuat adalah yang terbuat dari gandum keras dan berprotein tinggi.

Mereka memiliki kandungan gluten yang lebih tinggi. Tepung yang terbuat dari gandum rendah protein dan lebih lembut disebut tepung lemah dan memiliki lebih sedikit gluten.

Ada beberapa jenis tepung terigu, antara lain:

– Tepung serbaguna
– Tepung roti
– Tepung kue
– Tepung gandum

Penggunaan Tepung

Tepung adalah bahan penting bagi sebagian besar koki rumahan. Anda dapat menggunakannya untuk membuat roti, makanan panggang, pancake, dan banyak lagi.

Selain itu, dapat digunakan untuk mengentalkan saus atau membuat roux. Tepung juga digunakan untuk melapisi makanan seperti ayam goreng atau irisan daging. Terakhir, tepung adalah bahan utama dalam membuat pasta.

Cara Memasak Dengan Tepung

Tepung harus digunakan sesuai dengan resep dan penggunaan spesifiknya. Untuk makanan panggang yang empuk, akan sangat membantu untuk menyaring tepung ke dalam mangkuk pencampur.

Untuk makanan yang dipanggang seperti roti, campuran tepung perlu diremas dan sering kali membutuhkan waktu istirahat. Ini akan membantu mengaktifkan protein gluten.

Bagaimana rasanya?

Tepung mentah tidak boleh dimakan. Tepung merupakan produk pertanian mentah, sehingga belum diolah untuk membunuh kuman. Jika ada bakteri yang ada dalam tepung, mereka terbunuh saat makanan yang dibuat dengan tepung dimasak.

Tepung putih tidak berbau, sedangkan tepung gandum utuh mungkin sedikit berbau kacang.

Pengganti Tepung

Ada banyak pengganti tepung terigu di pasaran. Salah satu alasan utama untuk mengganti tepung adalah sensitivitas atau intoleransi gluten.

Tepung kedelai, bibit gandum, tepung jagung, tepung gandum, tepung spelt, dan tepung quinoa hanyalah beberapa pengganti tepung terigu yang tersedia. Pengganti tepung yang digunakan akan tergantung pada resep, preferensi selera Anda, dan ketersediaan.

Penyimpanan

Buka kemasan tepung asli dan pindahkan tepung Anda ke wadah kedap udara. Kaca atau plastik berfungsi dengan baik. Jaga agar tepung Anda tetap kering.

Kelembaban akan merusak tepung. Simpan tepung di tempat yang sejuk dan gelap seperti dapur, lemari es, atau freezer.

Jika Anda membekukan tepung, yang akan membantu menjaga kualitas untuk waktu yang lebih lama, gunakan kantong freezer untuk mencegah kelembapan atau bau terserap ke dalam tepung. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *