Bertopeng Pahlawan, Aktivis JCW Beraksi Di Mandala Krida

by

Yogyakarta, Koran Jogja – Bertempat di pintu barat stadion Mandala Krida, Kota Yogyakarta, aktivis pengiat anti korupsi dari Jogja Corruption Watch (JCW) Baharudin Kamba melakukan aksi mendukung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Kamis (26/11) siang.

“Aksi tunggal sebagai dukungan terhadap KPK untuk terus fokus melakukan penyidikan dugaan korupsi pembangunan stadion Mandala Krida senilai Rp85 miliar lebih,” jelas Kamba.

Dukungan ini menurutnya penting diberikan, mengingat di saat bersamaan KPK mengungkap kasus korupsi besar tentang ekspor lobster yang melibatkan Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo sebagai tersangka pada, Rabu (25/11).

Jangan sampai kasus korupsi Mandala Krida tertutup kasus korupsi lobster.

“JCW meminta KPK mengumumkan ke publik nama-nama yang terlibat di korupsi Mandala Krida termasuk apakah ada aliran dana yang mengalir ke pihak lain. Ini sebagai upaya agar kasus ini terus dipantau public,” jelasnya.

Bahkan untuk bisa mempercepat proses pengungkapan nama-nama yang terlibat, JCW berharap KPK menggandeng Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) guna menelusuri aliran dana proyek pembangunan stadion yang dikerjakan pada medio 2016-2017.

“Kalangan penggiat anti korupsi di DIY saya minta turut mengawal proses hukum ini hingga vonis di pengadilan tindak pidana korupsi (Tipikor). Biasanya di persidangan muncul penyebutan sejumlah nama yang terlibat,” katanya..

Sayangnya menurut Kamba, penegak hukum di DIY tidak melanjutkan untuk diproses hukum lebih lanjut. Sebut saja kasus korupsi pergola tahun 2014 dan kasus korupsi proyek Saluran Air Hujan (SAH) Soepomo Yogyakarta pada awal tahun 2020.

Dalam aksinya Kamba memakai topeng Spiderman dan Superman sambil membawa dua gepok uang mainan pecahan 100 ribu, 50 ribu, 20 ribu dan mainan udang lobster. Dengan uang mainan dan lobster, Kamba ingin mengingatkan masyarakat ternyata masih ada pejabat setingkat menteri di era Presiden Jokowi – Ma’ruf Amin terlibat korupsi.

“Topeng pahlawan, diharapkan lahir penegak hukum yang berani memberantas korupsi tanpa pandang bulu,” jelasnya.(set)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *