Berwisata ke Kaliadem Sleman, Melihat Bunker di Lereng Merapi

by
slemankab.go.id

slemankab.go.id

Sleman, Koran Jogja – Ada banyak destinasi wisata menarik di lereng Merapi, Kabupaten Sleman. Salah satunya adalah kawasan kaliadem yang bisa menyaksikan bunker, sambil menikmati kesejukan alamnya.

Hal lain yang tak kalah menariknya dari destinasi wisata ini, yaitu perjalanan ke lokasi yang cukup ekstrem dijelajahi dengan memakai jasa wisata lava tour.

Bagi yang tertarik mengunjungi Kaliadem, biasanya bisa melalui kawasan Kinahrejo terlebih dahulu. Wisatawan bisa menyewa mobil jip dari para komunitas.

Setelah menyewanya, kemudian akan diajak untuk menyusuri jalan dengan medan yang cukup ekstrem bekas erupsi Merapi 2010.

Dalam perjalanannya, sopir jip juga biasa menjadi pemandu. Mereka biasa menjelaskan sejarah terjadinya erupsi Merapi 2010 dan kondisi aktivitas gunung api aktif terkini.

Pada saat musim hujan, wisatawan akan menyusru perjalanan ekstrem dan berdebu. Sedangkan ketika kemarau, jalanan bisa berdebu.

Namun tak perlu khawatir biasanya wisatawan akan diberikan masker dari pemandu untuk melindunginya dari debu.

Ketika sampai di kawasan Kaliadem, wisatawan bisa melihat bunker sekaligus pemandangan Gunung Merapi yang sangat jelas ketika cuaca sedang bersahabat.

Sejuknya alam pun akan terasa. Terutama ketika sore hari, akan terasa sangat dingin. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *