Cara membuat mainan dari kertas, dari topi mungil hingga perahu kertas

by

Koran Jogja – Anak-anak memiliki imajinasi yang aktif sehingga apa pun bisa menjadi mainan. Jadi, tidak mengherankan jika para siswa mampu menciptakan hiburan dari sumber daya kelas yang paling melimpah, yakni kertas!

Sekolah dan pekerjaan mungkin terlihat sedikit berbeda, tetapi kesenangan tidak harus demikian. Ambil saja selembar kertas printer atau notebook, mungkin juga gunting, dan mulailah melipat.

Cara membuat bola kertas

Segitiga kecil yang padat ini terlihat seperti kulit babi tua, dan cukup kuat untuk berjalan beberapa kaki jika Anda memiliki jentikan jari yang kuat.

1. Lipat kertas menjadi dua memanjang. Kemudian, buka.

2. Lipat sisi yang panjang ke dalam. Buat setiap sisi menyentuh lipatan tengah.

3. Lipat kertas menjadi dua memanjang lagi. Setelah selesai, Anda akan memiliki strip panjang di depan Anda.

4. Lipat salah satu sudut ke bawah. Pegang sudut kanan atas strip Anda dan lipat ke bawah sampai menyentuh tepi yang berlawanan. Anda akan mendapatkan lipatan segitiga.

5. Lipat segitiga ke bawah. Kuadratkan ujung strip yang terlipat dengan menurunkan segitiga.

6. Ulangi langkah 4-6. Saat Anda mengulangi Langkah 4, bawa sudut kiri atas ke tepi kanan. Terus lipat dalam pola ini sampai Anda memiliki sisa kertas persegi panjang kecil di ujung strip.

7. Lipat kelebihan kertas. Dengan tepi terpanjang dari bentuk Anda menghadap Anda, lipat sudut kiri atas ke bawah. Setelah selesai, Anda akan memiliki sesuatu yang dekat dengan segitiga.

8. Masukkan sisa kertas ke dalam bola sepak yang terlipat. Mungkin perlu sedikit kerja, tetapi kelebihan kertas akan muat dengan rapi di dalam saku di badan “bola”.

Sekarang, pilih lawan, pelajari aturan sepak bola kertas, dan berpura-pura meja Anda adalah stadion yang penuh sesak suporter dan bermainlah.

Cara membuat topi bajak laut dari kertas

Cosplay bisa menyenangkan, dan beberapa karakter lebih klasik daripada bajak laut. Anda bisa mengenakan penutup kepala yang manis ini, dan mulai merasakan dorongan yang tak terpuaskan untuk mengarungi tujuh lautan.

1. Lipat kertas menjadi dua. Lipat lebarnya, sehingga sisi pendeknya bersentuhan.

2. Lipat kertas menjadi dua dengan cara sebaliknya. Buat sisi baru yang lebih pendek bersentuhan.

3. Lipat sudut lipatan ke bawah sehingga bertemu di tengah. Ketika ini selesai, Anda akan memiliki secarik kertas yang tersisa di bagian bawah. Jika Anda melipat sisi yang terbuka, Anda tidak akan dapat melakukan langkah berikutnya.

4. Lipat penutup bawah ke arah yang berlawanan. Ini akan membentuk pinggiran topi.

5. Buka topi.

Topi yang terbuat dari selembar kertas printer cocok untuk kepala kecil anak-anak, tetapi Anda akan membutuhkan sesuatu yang lebih besar jika Anda ingin ikut bersenang-senang sebagai orang dewasa.

Coba selembar koran untuk membuatnya atau tidak, jika Anda menyukai kekonyolan mengenakan topi mungil.

Cara membuat perahu kertas

Topi bajak laut kertas sangat serbaguna sehingga setiap pelaut pemberani dapat memakainya langsung dari kepala mereka dan mengubahnya menjadi perahu yang layak.

1. Bentuk persegi. Saat Anda membuka topi, terus dorong ke dalam dari kedua ujungnya hingga menjadi persegi yang rata. Pastikan potongan longgar saling tumpang tindih sehingga semuanya rata.

2. Lipat persegi menjadi segitiga. Ambil bagian persegi dengan pinggiran topi di atasnya dan lipat di kedua sisinya.

3. Buka segitiga dan ubah menjadi persegi lain. Seperti yang Anda lakukan pada Langkah 1, tekan kedua ujungnya sampai Anda meratakannya menjadi persegi.

4. Buka penutup dan dorong ke atas dari bawah. Membuat perahu terbentuk dengan benar bisa membutuhkan sedikit usaha, tetapi ketika Anda selesai, itu akan memiliki layar kecil di tengahnya.

Perahu kertas siap berendam di bak mandi, tetapi Anda juga bisa membawa kapal kecil ke luar jika mau. Hanya saja, jangan membawanya ke jalan saat hujan deras. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *