Cara Mencuci Sepeda Motor yang Benar

by 8 months ago

Orang tahu cara merawat kendaraan mereka dengan baik, tetapi bagi pemilik kendaraan yang belum lama mungkin tergoda untuk melakukan sedikit cara ke arah tertentu. Meskipun beberapa orang mungkin mengatakan bahwa mencuci sepeda motor adalah tugas yang sangat sederhana (dan memang demikian), masih banyak orang membuat kesalahan tertentu yang dapat merusak kendaraan mereka.

Nah, lalu bagaimana sebenarnya mencuci sepeda motor dengan baik? berikut ini ulasannya.

1. Jangan mencuci sepeda Anda ketika mesin panas.

Logam panas dan air dingin bukanlah teman terbaik. Fisika dasar mengajarkan kepada kita bahwa ketika panas, bagian logam membesar, kembali ke dimensi yang sama ketika mereka mendingin. Perubahan suhu yang tiba-tiba dapat merusak bagian logam dan jika rusak akan bisa sangat mahal untuk menggantinya.

Dalam kasus ekstrim, blok mesin dapat retak, atau mungkin rusak. Hal yang sama berlaku untuk pipa kanlapot yang panas, dan jika bertindak terlalu tergesa-gesa untuk mencuci kendaraan kita bisa merusak lapisan nikel krom.

Tunggulah sebentar sebelum Anda menyemprotkan air dingin ke sepeda motor Anda. Beberapa menit tidak akan membuat perbedaan besar dalam jadwal hari Anda.

2. Siapkan peralatan lengkap

Mencuci sepeda bukanlah ilmu roket, tetapi seperti hal lainnya, seseorang harus siap untuk tugas itu. Jauh akan lebih nyaman ketika kita memiliki semua peralatan yang dibutuhkan sehingga dapat menyelesaikan pekerjaan dalam satu langkah. Mendapatkan barang-barang yang fibutuhkan tidak akan mahal, terutama karena kita akan menggunakan benda-benda ini lebih dari sekali.

Pastikan Anda memiliki persediaan air dan selang, produk cuci, kondisioner kulit, kain bersih, sikat yang tepat dan waktu yang dapat Anda gunakan untuk membersihkan mesin Anda.

Jika Anda hanya ingin membersihkan lapisan lumpur yang tebal dari sepeda motor trail Anda, ini dapat dilakukan dalam beberapa menit, tetapi jika Anda ingin mengembalikan cruiser chrome Anda sedekat mungkin dengan kondisi dilernya, ini akan membutuhkan waktu lebih lama.

3. Jangan lupa membersihkan rantai

Sepeda motor dengan rantai memang akan sedikit menemui kerumitan dalam membersihkan, melumasi dan mengencangkannya secara berkala. Jika Anda seorang pria kaya, Anda bahkan bisa mengganti rantai daripada membersihkannya, tetapi ini terdengar lebih seperti film komedi bodoh.

Karena membersihkan rantai sepeda adalah pekerjaan yang benar-benar kotor, masuk akal jika Anda melakukan ini sebelum membersihkan lainnya, bukan? Menggunakan produk pembersih rantai khusus dan sikat memiliki peluang besar untuk dapat menghilangkan kotoran.

Gunakan produk yang khusus untuk perawatan rantai. Jika menggunakan sampo atau barang-barang rumah tangga sejenis tidak akan bisa dilakukan.

4. Jangan gunakan mesin penyemprot dengan tekanan dalam membersihkan rantai

Menggunakan mesin kompresor bertekanan untuk membersihkan rantai sepeda Anda memiliki peluang yang sangat baik untuk benar-benar merusaknya.

Jika Anda belum tahu, di antara tautan logam yang membentuk rantai, pabrikan telah memasukkan grommet karet kecil khusus. Kemungkinan besar Anda pernah mendengar tentang cincin-Z, cincin-O, atau cincin-X.

Lebih penting daripada penampilan atau nama mereka adalah apa yang dilakukan cincin karet ini. Baut rantai yang menyatukan link dilumasi ketika rantai dipasang, dan cincin membantu menjaga minyak di dalam rantai dan kotoran di luar.

Saat menggunakan mesin cuci tekanan, aliran air berdaya tinggi dapat menembus ruang di antara cincin dan sambungan dengan cukup mudah, mendorong kotoran, kotoran dan air dan mengurangi kinerja keseluruhan rantai. Karena air tidak bisa lagi keluar dari dalam rantai semudah masuk. Satu-satunya kesempatan adalah menguap ketika rantai menjadi sangat panas setelah berkenadara lama. Bagaimanapun, kotoran, debu dan air di luar penghalang cincin karet buruk bagi kesehatan rantai Anda dan harus dihindari.

5. Pakai kain lembut

Jika kotoran tidak hilang, dibersihkan dengan pembersih yang tepat, itu hanya membutuhkan lebih banyak kesabaran dan tidak lebih banyak kekuatan. Menggunakan kain abrasif pada sepeda Anda adalah hal yang tidak boleh, karena bahan seperti itu adalah cara terpendek untuk merusak cat.

Selalu gunakan kain lembut untuk mencuci sepeda dan bersiaplah untuk menambahkan lebih banyak larutan pembersih dan tunggu beberapa menit daripada menggosok lebih keras. Tekanan berlebihan pada suatu area akan meninggalkan bekas.(ali)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *