Cara Pesan Tiket Pesawat Pelita Air Mudah!

by
pixabay

pixabay

Koran Jogja – Telah memasuki bulan Agustus, maka liburan musim panas hampir usai. Tapi tidak perlu khawatir, Anda masih bisa menikmati waktu liburan Anda dengan nyaman dan aman. Anda ingin ke Bali? Tentu bisa, terlebih pandemi COVID-19 telah usai dan Anda tidak akan direpotkan dengan dokumen-dokumen kesehatan.

Anda dapat langsung memesan segala persiapan Anda seperti pesawat, villa, tiket wahana, dan sebagainya melalui Traveloka. Terdapat maskapai nasional yang siap mengantar Anda langsung ke Bali yaitu Pelita Air. Anda langsung memesan tiket perjalanan Anda bersama Pelita Air di Traveloka. Namun sebelum itu,  berikut ini rangkuman untuk Anda beberapa cara pesan tiket  Pelita Air dan fasilitas lainnya di Traveloka.

1.    Pelita Air itu Pesawat Apa?

Sebelum lebih lanjut mengenai cara pesan tiket Pelita Air, terdapat beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang Pelita Air lebih dekat. Pelita Air merupakan salah satu maskapai penerbangan Indonesia yang telah ada sejak puluhan tahun lalu tepatnya pada tahun 1963.

Maskapai ini dioperasikan oleh PT. Pelita Air Service yang merupakan salah satu anak usaha PT Pertamina yang berfokus pada bidang penerbangan. Hingga saat ini Pelita Air telah memiliki 24 armada dengan total 8 destinasi di Indonesia salah satunya adalah Bali.

Selain itu, Pelita Air menggunakan pesawat Fokker jenis Fokker 100, British Aerospace, helikopter jenis Bell-412 dan 430, Super Puma, Puma, dan BO-105 untuk layanan komuter. Pelita Air juga masih digunakan untuk melayani urusan sekretariat negara dan digunakan dalam mengurus aktifitas operasional pesawat kepresidenan RI.

2.    Layanan dan Fasilitas Pelita Air

Terdapat juga layanan dan fasilitas yang akan Anda dapatkan selama penerbangan bersama Pelita Air. Pelita Air memiliki layanan airport check-in dan menyediakan puluhan counter check-in yang tersebar di setiap bandara tujuan.

Untuk proses check-in, Anda setidaknya perlu melakukan check-in 2 (dua) jam sebelum keberangkatan sebab fasilitas check-in akan ditutup 30 (tiga puluh) menit sebelum jadwal keberangkatan. Untuk menghindari hal ini, sebaiknya melakukan check-in melalui website resmi maskapai dan atau mengecek secara rutin informasi penerbangan yang telah Anda dapatkan.

Anda tidak perlu khawatir untuk terbang bersama Pelita Air sebab Pelita Air kerap melakukan pelatihan kepada para awak kabin maupun pelaku industri penerbangan untuk senantiasa melayani Anda dengan baik hingga Anda sampai ke destinasi tujuan.

3.    Cara Pesan Tiket Pesawat Pelita Air

Setelah mengenal Pelita Air, berikut ini beberapa cara mudah untuk memesan tiket pesawat Pelita Air.

  • Mengunjungi halaman tiket pesawat atau membuka aplikasi Traveloka App
  • Anda perlu mengisi detail penerbangan pada kolom pencarian yang tersedia
  • Memilih penerbagan Pelita Air sesuai destinasi Anda
  • Mengisi data diri dan data penumpang yang berangkat bersama Anda
  • Melakukan pembayaran yang dapat Anda lakukan melalui transfer bank seperti ATM, SMS banking, e-banking, dan teller bank. Anda juga dapat melakukan pembayaran menggunakan kartu kredit dan atau melalui indomaret.
  • Setelah pembayaran Anda selesai, maka Anda akan mendapatkan e-tiket oleh Pelita Air melalui email yang Anda gunakan.

Setelah proses penerimaan e-tiket selesai, Anda hanya perlu menunjukkan informasi tersebut saat proses check-in atau melakukan check-in mandiri di loket yang telah disediakan oleh pihak Pelita Air dan bandara.

4.    Kebijakan Pelita Air

Sebelum terbang dan melakukan check-in, Anda perlu memperhatikan beberapa kebijakan Pelita Air, seperti di bawah ini:

  • Kebijakan bagasi

Untuk bagasi, yang perlu Anda perhatikan adalah bahwa semua rute pada kelas ekonomi di Pelita Air mendapatkan fasilitas bagasi kabin maksimal 7 kg dan bagasi terdaftar maksimal 20 kg setiap orang atau setiap penumpang.

  • Kebijakan Penumpang

Dan setiap penumpang, Pelita Air menetapkan beberapa kebijakan seperti pada penumpang hamil yang perlu melampirkan surat konsultasi dengan dokter yang berlaku 7 hari sejak surat dikeluarkan atau terbit. Namun, jika ibu hamil tidak dapat melampirkan surat tersebut maka Pelita Air akan memberikan Pernyataan Pertanggungjawaban pada saat proses check-in.

Pelita Air juga tidak mengizinkan ibu hamil dengan usia kehamilan di atas 36 minggu untuk melakukan penerbangan demi keselamatan ibu hamil.

Sementara itu, Pelita Air juga menetapkan kebijakan pada penumpang dengan disabilitas. Penumpang dengan kebutuhan khusus yang memerlukan asistensi khusus akan diberikan kesempatan untuk menyampaikan kebutuhannya saat proses pemesanan tiket, setelah itu petugas khusus Pelita Air di bandara akan membantu penumpang mulai dari proses check-in, boarding, hingga penumpang sampai ke destinasi tujuan.

Itulah beberapa cara pesan tiket pesawat Pelita Air di Traveloka dan beberapa kebijakan serta layanan yang diberikan oleh Pelita Air. Memesan tiket pesawat Pelita Air di Traveloka tentunya akan mendapatkan promo dan diskon, jadi Anda dapat menghemat Budget saat melakukan perjalan. Selamat liburan~

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *