Hujan Mengguyur Jogja, Banyak Ular Masuk ke Permukiman

by

Yogyakarta, Koran Jogja  – Hujan yang mulai mengguyur wilayah Jogja beberapa waktu belakangan ini menyebabkan banyak ular masuk ke permukiman warga.

Damkarmat Kota Jogja pun telah menerima laporan dan permintaan bantuan untuk melakukan evakuasi ular yang dirasa mengganggu warga.

Dikutip dari situs resminya, petugas Damkarmat Kota Joga melakukan evakuasi ular sanca berukuran cukup besar di daerah Sagan, Terban, Kecamatan Gondokusuman pada Minggu (2/10) lalu.

Warga meminta bantuan untuk melakukan evakuasi gewan yang ditakutkan membahayakan itu sekitar pukul 17.00 WIB.

Satu tim rescue diberangkatkan dari Mako Induk Balaikota  untuk menangkap ular tersebut.

Petugas sempat mengalami kendala proses penangkapan ular di atap rumah warga karena kondisi cuaca sedang hujan deras. Selang beberapa menit, akhirnya ular dengan panjang seitar 2 meter tersebut berasil ditangkap.

Petugas Damkarmat Jogja juga kembali melakukan evaluasi ular yang masuk ke permukiman pada Rabu (5/10) dan Kamis (6/10) lalu.

Ada sebanyak tiga laporan yang diterima petugas pada hari tersebut. Pertama yakni di Kampung Sukokarsan, Kecamatan Mergangsan.

Petugas mengamankan ular berukuran sedang dengan panjang sekitar 1 meter pukul 16.52 WIB.

Kemudian pada Kamis (6/10) dini hari dari laporan Pak Dandung di Jalan DN Kuningan H18 Sleman, ada seekor ular jenis piton dengan panjang sekitar 2 meter masuk ke dalam bodi sepeda motor dan melilit mesin kendaraan.

Petugas membutuhkan waktu sekitar 150 menit untuk melepaskan ular dari sepeda motor tersebut.

Kemudian pada pukul 06.15 WIB, petugas mendapatkan panggilan untuk evakuasi ular yang masuk masuk ke rumah di Prawirodirjan, Kecamatan Gondokusuman.

Seekor ular kopi berukuran kecil berhasil diamankan. Semua ular yang diamankan kemudian dilepas ke habitat yang aman atau juga diserahkankan ke pecinta reptil.

Petugas Damkarmat Kota Jogja mengimbau kepada warga yang menemui ular berbisa atau berbahaya supaya melibatkan orang yang memiliki keahlian agar tidak membahayakan diri.

Petugas Damkarmat sudah terlatih dan memiliki perlatan khusus untuk keselamatan dalam pemadaman kebakaran maupun penyelamatan lainnya seperti evakuasi ular.

Petugas Damkarmat selalu siap sedia 24 jam, dan semua layanan pemadaman dan penyelamatan gratis tanpa dipungut biaya. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *