Ini Alasan Sultan DIY Ikut Memperpanjang PPKM Mikro

by

Yogyakarta, Koran Jogja –Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sultan Hamengku Buwono X mengatakan alasan pihaknya ikut memperpanjang pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) mikro karena tidak ingin daerahnya dinyatakan merah terus menerus.

Kepada wartawan di DPRD DIY, Sultan menjelaskan perpanjangan PPKM mikro ini karena kondisi penularan di DIY masih fluktuatif. Dimana kurva harian penularan Covid-19 masih naik turun.

“Semisal kemarin angka penularan baru mencapai 89 sekarang, tiba sekarang bisa di atas 100. Meskipun kondisi keterisian bed sudah turun dibawah 50 persen, bahkan 46 koma sekian. Tapi karena fluktuatif kita tidak berani untuk tidak memperpanjang,” kata Sultan, Senin (8/3).

Karena kondisi ini, Sultan mengatakan tidak ingin mengambil resiko. Pasalnya jika tidak diperpanjang, maka daerah yang sebelumnya merah (penularan tinggi) menjadi hijau (bebas penularan) berpeluang besar menjadi merah lagi.

“Penerapan PPKM juga menjadikan kita lebih leluasa memantau dan mengontrol kasus positif. Pertimbangan perpanjangan PPKM ini sudah kita pertimbangkan dengan sikap hati-hati,” tegasnya.

Sebelumnya, pusat resmi memperpanjang PPKM mikro dari 9 Maret – 22 Maret. Ini perpanjangan ketiga kalinya, pertama pada 9 – 22 Februari dan periode kedua 23 Februari – 8 Maret.

Dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 5 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Berbasis Mikro dan Mengoptimalkan Posko Penanganan Covid-19 dan Kelurahan untuk Pengendalian Penyebaran Covid-19.

Selain DIY, PPKM diterapkan di DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten, Jawa Timur, Bali, Sumatera Utara, Kalimantan Timur, dan Sulawesi Selatan.

Menurut Sultan, perpanjangan PPKM mikro periode ini aturan maupun ketentuannya tidak ada yang ditambahkan maupun yang dikurangi. Semua masih sama seperti aturan PPKM sebelumnya.

“Selama penerapan destinasi wisata silahkan dibuka asal dengan menjalankan prosedur kesehatan. Bila nanti ditemukan penularan, ya kita tutup,” ucap Sultan.(set)