Kasus Terus Meningkat, BPBD DIY Ingatkan Soal Masker

by

Yogyakarta, Koran Jogja – Kepala Pelaksanan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Daerah Istimewa Yogyakarta Biwara Yuswantoro mengingatkan masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan terutama penggunaan masker di tengah meningkatnya angka konfirmasi positif.

“Angka penularan harian Covid di DIY, per Kamis (17/2) kemarin mencapai 1.531 kasus. Kenaikan kasus harian terus naik ini harus disadari bersama bahwa ada suatu permasalahan yang mengakibatkan tingginya kasus,” katanya, Jumat (18/2).

Atas kondisi inilah BPBD kemarin melakukan edukasi dan menghimbau masyarakat untuk tetap patuh proyek di beberapa titik yaitu Malioboro hingga Teras Malioboro 1 dan 2, Area Keraton, Pasar Ngasem dan Alun-Alun Selatan Yogyakarta.

Aksi ini sebagai upaya terus mengingatkan bahwa pandemi belum usai.

Masyarakat jangan abai, tidak kendor dalam melaksanakan protokol kesehatan, terus menggunakan masker yang baik dan benar karena dapat saling melindungi

“Pencegahan, penanganan, pendampingan, serta pemulihan di sektor ekonomi dan kesehatan harus berjalan beriringan supaya kehidupan dan penghidupan dapat seimbang,” lanjutnya.

Karena itu masyarakat diminta bisa menyesuaikan kapan waktunya memacu kegiatan ekonomi maupun mengurangi kegiatan sosial, istilah mudahnya “Gas-Rem” kapan harus nge-gas dan kapan harus rem.

Lewat gerakan ini masyarakat juga diminta segera menyadari kemungkinan fasilitas kesehatan tidak cukup untuk menampung, kebutuhan fasilitas isolasi yang meningkat, kebutuhan oksigen dan lain sebagainya.

Dampak lanjutannya akan berimbas pada pembatasan-pembatasan ruang publik dan kegiatan sosial yang harus menjadi lebih ketat. (Set)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *