Lebaran Tahun Ini, BI Yogyakarta Siapkan Rp4,2 Triliun

by

Yogyakarta, Koran Jogja – Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) telah menyiapkan pasokan uang kartal menjelang Idul Fitri sebesar Rp4,2 triliun. Angka ini naik empat persen dibandingkan tahun lalu.

“Langkah BI ini dilakukan sejalan dengan momentum pertumbuhan ekonomi yang terus berlanjut serta untuk mengantisipasi peningkatan transaksi masyarakat sejalan dengan pandemi yang mulai terkendali,” terang Kepala Perwakilan Bank Indonesia, Budiharto Setyawan Selasa (12/4/2022).

BI memperkirakan aktivitas dan ekonomi masyarakat akan meningkat seiring pelonggaran Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Selain menyiapkan uang tunai, BI juga terus mendorong masyarakat untuk memanfaatkan pembayaran non tunai.

Idul Fitri 1443 H BI menempuh tiga langkah strategis guna memastikan kelancaran sistem pembayaran nasional, terutama memfasilitasi kegiatan perekonomian dan kebutuhan masyarakat.

“Pertama menyediakan uang layak edar dalam jumlah yang cukup dan higienis serta layanan penukaran uang. Mendorong masyarakat untuk menggunakan transaksi pembayaran secara non tunai serta melakukan kesiapan sistem dan layanan kritikal,” lanjut Budi.

Tahun ini dengan tema ‘Serambi Rupiah Ramadan: Belanja Bijak dan Rawat Rupiah’, BI telah menyiagakan 48 titik penukaran uang tunai.

Kemudian pertukaran mobil keliling yang sempat terhenti dua tahun akan dimulai hari ini.

“Guna menghindari kerumunan, masyarakat diharapkan memesan penukaran terlebih dahulu melalui aplikasi PINTAR (https://pintar.bi.go.id) sebelum hadir ke lokasi kas keliling,” pinta Budi.

BI mengimbau masyarakat melakukan penukaran uang rupiah pada tempat yang resmi guna menjamin keaslian dan kualitas uang rupiah. (Set)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *