Penggunana DTT, DPRD Usulkan Asuransi Nakes dan Relawan

by

Yogyakarta, Koran Jogja – Ketua Komisi A DPRD Daerah Istimewa Yogyakarta Eko Suwanto meminta dalam penggunaan Dana Tidak Terduga (DTT) 2022 mengusulkan pemberian asuransi untuk tenaga kesehatan (Nakes) maupun relawan.

“Sampai hari ini kasus Covid-19 masih tinggi dan tingkat keterisian baed di RS DIY mengalami kenaikan. Angka kematian juga meningkat, dengan rata-rata 20 orang sejak empat hari terakhir,” katanya, Senin (7/2/2022).

Menghadapi kondisi ini para nakes dan relawan menurutnya bekerja dalam resiko tinggi, karena itu seharusnya mereka mendapat asuransi.

Pencegahan dan penanganan harus mendapat anggaran dari Pemda DIY dan bisa menggunakan Dana Tidak Terduga.

Di APBD 2022 DIY memiliki belanja tak terduga Rp 94,7 miliar. Penggunaan dana tersebut selain membantu penanggulangan bencana lain, termasuk Merapi dan dampak bencana alam, bisa digunakan untuk dampak penanggulangan Covid-19.

Demikian juga di daerah-daerah, penggunaan Dana Tak Terduga dapat dimanfaatkan untuk hal yang sama.

Besaran DTT ini di Gunungkidul Rp48,3 miliar, Kulonprogo Rp21,3 miliar, Kota Yogyakarta Rp56,3 miliar, Bantul Rp35,7 miliar dan Sleman Rp52,5 miliar.

“Anggaran ini memadai untuk penanggulangan Covid dengan kerjasama bersama Pemda DIY,” sambung Eko.

Komisi A juga meminta Pemda DIY melakukan penanganan secara lebih maksimal seperti kontrol pusat keramaian, menegakkan protokol kesehatan baik di tempat wisata, pasar, mall, terminal dan berbagai aktivitas masyarakat.

“Sarana dan prasarana juga harus ditingkatkan, seperti PeduliLindungi, dan akses internet. Penegakan hukum dan percepatan vaksinasi juga cepat dilakukan karena ternyata di lapangan masih ada masyarakat yang belum vaksin atau baru vaksin pertama. DPRD DIY siap mendukung melalui dana tidak terduga,” katanya.

Dirinya juga berharap penangganan kasus Covid-19 tidak sekedar lagi pada tataran kabupaten ataupun kecamatan. Namun sudah harus melibatkan tingkat bawah yaitu RT/RW atau pedukuhan. (Set)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *