PKS Belum Pikirkan Capres dan Koalisi 2024

by

Yogyakarta, Koran Jogja – Wakil Ketua Majelis Syuro Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Hidayat Nur Wahid mengatakan partainya saat ini belum memikirkan tentang nama yang akan diusung sebagai Capres di 2024 maupun koalisinya.

PKS fokus memperjuangkan kemaslahatan umat bangsa dan nilai-nilai reformasi.

Hal ini disampaikan Hidayat saat memberi sambutan dalam acara syawalan yang digelar DPW PKS Daerah Istimewa Yogyakarta Sabtu sore (28/5) di Hotel Inna Garuda.

“Dalam bahasa Pak Jokowi ‘ojo kesusu’, saya pikir baik agar supaya bangsa dan parpol tidak terlalu memikirkan Capres. Namun berusaha merealisasikan nilai-nilai reformasi,” katanya.

Belum adanya calon nama yang diusung ini menurut Hidayat dikarenakan KPU sendiri belum membuka jadwal pendaftaran capres yang kemungkinan akan dimulai September 2023.

Di internal sendiri, pengusulan calon ini harus melalui pemilihan raya oleh kader dan kemudian ditentukan dalam rapat Majelis Syuro.

PKS sendiri sebut Hidayat saat ini tengah mengajukan Judicial Review Presidential Threshold 20 persen. Agar kedepan peraturan 20 persen dikurangi agar nanti di pemilu 2024 atau di tahun-tahun mendatang banyak capres yang bisa maju.

Demikian juga dengan koalisi. Hidayat mengatakan membentuk koalisi tidak sulit dibuat. Tapi yang perlu dipikirkan adalah melakukan pekerjaan utama bagaimana koalisi betul-betul menyelamatkan kepercayaan rakyat terhadap demokrasi dan reformasi.

“Jangan sampai masyarakat apatis, semakin tidak percaya. Jangan sampai koalisi untuk kepentingan yang tidak sesuai dengan harapan masyarakat. Seperti wacana jabatan presiden lebih dari dua periode. Ini tidak sesuai konstitusi,” ucapnya.

PKS sendiri disebutnya selama ini sudah melakukan ‘Koalisi Silaturahmi’ dengan banyak partai, berbagai ormas dan tokoh-tokoh politik untuk kepentingan bangsa dan negara.

PKS juga disebut Hidayat tetap selalu menghormati keinginan warga atau calon-calon yang maju lewat partai. Namun saat ini PKS sepenuhnya focus memperjuangkan kemaslahatan umat bangsa melalui perannya di DPR.

“Kami tetap mendorong agar tokoh nasional PKS bisa ada di panggung nasional untuk bisa menjadi rujukan bagi umat,” katanya.

Ketua DPW PKS DIY Agus Mas’udi di awal acara menyampaikan rasa terima kasihnya kepada masyarakat yang hadir atas dukungannya kepada PKS.

“PKS adalah partai kita semua, maka agar partai ini bisa lebih bermanfaat kami membutuhkan banyak masukan, kritikan, nasehat dari bapak-ibu semuanya”, ungkap Gus’ud.

Agus Mas’udi dalam sambutannya juga memperkenalkan kembali logo PKS yang baru. (Set)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *