Sabtu, 20 April 2024
Koran Jogja

Rekomendasi Laptop Terbaik Untuk Pelajar dan Tips Memilihnya

Rekomendasi Laptop Terbaik Untuk Pelajar dan Tips Memilihnya. (pixabay)
Rekomendasi Laptop Terbaik Untuk Pelajar dan Tips Memilihnya. (pixabay)

Koran Jogja – Sebagai seorang pelajar, kini sudah membutuhkan laptop untuk menunjang pembelajaran. Tentu saja laptop dengan desain ringan dan dilengkapi performa premium banyak diminati.

Lalu, gimana sih cara memilih laptop untuk pelajar dengan tepat? Nah, dalam artikel berikut akan diulas mengenai beberapa tips memilih laptop lengkap dengan rekomendasi laptop terbaik untuk para pelajar.

Tips Memilih Laptop Untuk Pelajar

Berbagai brand laptop merilis berbagai tipe dengan spesifikasi yang berbeda untuk memenuhi kebutuhan para pengguna.

Harganya pun beragam, mulai dari yang termurah sampai dengan yang termahal. Nah, ini dia tips memilih laptop yang bisa Anda jadikan referensi.

  1. Pilih laptop dengan dapur pacu setidaknya Prosesor AMD Ryzen 3 seri 4000-an atau Intel Core i3 generasi ke-10. Hal ini untuk menunjang kenyamanan pemakaian dan menyesuaikan kebutuhan dimasa mendatang.
  2. Jika Anda memiliki dana terbatas, setidaknya pilih RAM minimal 8GB atau 4GB yang dapat di-upgrade hingga 8GB. Memori yang memadai memastikan kelancaran penggunaan laptop terutama saat multitasking.
  3. Anda sebaiknya menghindari hard disk sebagai penyimpanan utama. Usahakan prioritaskan SSD berkapasitas 256GB. Jika ingin lebih baik, pilih SSD dengan tipe NVME.
  4. Jika dana terbatas, setidaknya pilih layar dengan panel IPS yang 45% NTSC atau sekitar 60-70% sRGB.
  5. Sebagai laptop pelajar, tentu pilih laptop dengan bobot ringan untuk mudah dibawa kemanapun. Sebaiknya pilih laptop yang memiliki bonot di bawah 1.5Kg, termasuk charger.
  6. Untuk urusan daya baterai, setidaknya pilih laptop yang mampu bertahan selama 7 jam pemakaian untuk memberi kenyamanan selama penggunaan.

Rekomendasi Laptop Terbaik Untuk Pelajar

Asus merupakan salah satu  brand ternama yang terkenal dengan kualitasnya. Beberapa produk terbarunya, seperti Laptop Asus Vivobook Go 14 & Zenbook S13 OLED UM5302 dirancang untuk para pekerja, pelajar, dan mahasiswa. Berikut ulasan spesifikasinya.

1.    Vivobook Go 14

Laptop terbaru dari Asus, Vivobook Go 14 diklaim sebagai laptop terbaik untuk pelajar untuk tahun ini. Hal ini karena desainnya yang ringan dan tipis serta performanya yang patut diacungi jempol.

Perangkat ini ditenagai oleh hardware generasi baru AMD Ryzen 3 7320U, dilengkapi dengan memori LPDDR5 kapasitas hingga 16GB dan penyimpanan SSD M.2 NVMe PCIe 3.0 sampai dengan kapasitas 512GB.

Disebut sebagai laptop dengan desain tipis dan ringan, perangkat ini memiliki bobot hanya hanya 1,3 kg dengan ketebalan bodi 17,9mm saja, sehingga mudah dimasukkan ke dalam tas dan dibawa kemana saja.

Meski demikian, laptop ini juga tangguh karena memenuhi standar kualifikasi ketahanan militer AS dan mendapat sertifikasi MIL-STD-810H.

Vivobook Go 14 juga dibekali visual yang memanjakan mata. Layar dengan panel IPS ukuran 14 inci dengan resolusi Full HD yang menawarkan visual detil dan imersif.

Dilengkapi dengan fitur low-blue light yang mampu meminimalisir radiasi sinar biru yang berdampak buruk pada mata. Sehingga, pengguna aman menatap layar dalam durasi lama.

Untuk menunjang kinerja pelajar, Asus melengkapi produk ini dengan Office Home & Student 2021. Aplikasi tersebut mencangkup microsoft word, excel, dan power point.

Pembaruan software-software juga akan melakukan pembaharuan keamanan secara rutin, sehingga data dan privasi terjamin keamanannya.

2.    Zenbook S13 OLED UM5302 

Rekomendasi selanjutnya, yakni Asus Zenbook S13 OLED UM5302 yang menawarkan desain tipis dan ringan serta performa yang memukau.

Memiliki ketebalan 1,499 mm dengan bobot hanya 1,1 Kg, sehingga mudah dimasukkan ke dalam tas dan cocok untuk para pelajar dengan mobilitas tinggi.

Meski bobotnya ringan, laptop ini terbuat dari material magnesium-aluminium alloy yang kuat dan tidak mudah patah.

Bahkan sudah memenuhi kualifikasi ketahanan militer AS dan mengantongi sertifikasi MIL-STD 810H. Sehingga laptop mampu bertahan dalam berbagai kondisi.

Zenbook S13 OLED UM5302 juga dibekali dapur pacu yang gahar. Ditenagai oleh prosesor AMD Ryzen 7 6800U dengan memori LPDDR5 kapasitas hingga 16 GB dan penyimpanan jenis SSD M.2 NVME PCIe 4.0 berkapasitas hingga 1TB. Kombinasi tersebut memungkinkan laptop menjalankan aktivitas berat tanpa adanya penurunan kinerja.

Beralih pada layar, laptop terbaru ini, dilengkapi dengan layar panel ASUS OLED dengan ukuran 12,3 inci dan resolusi 2.8 K (2880 x 1800).

Layar juga bisa ditekuk 180 derajat sesuai dengan kebutuhan pengguna. Selain itu, untuk urusan daya, perangkat dilengkapi dengan fitur fast charging yang mampu mengisi daya baterai 60 persen selama 49 menit saja.

Dalam memilih laptop, pastikan menyesuaikan spesifikasi dengan kebutuhan Anda agar laptop dapat menunjang kebutuhan Anda secara optimal. Jangan lupa untuk selalu merawat perangkat secara rutin supaya awet dan tahan lama. (*)