Rilis Firefox, Otomatis Hapus Pelacakan dari URL

by

Koran Jogja – Rilis browser Firefox terbaru Mozilla memiliki fitur baru yang mencegah situs seperti Facebook melacak Anda di seluruh situs web, Bleeping Computer telah melaporkan.

Disebut Pengupasan Parameter Kueri, secara otomatis menghapus string karakter yang ditambahkan ke akhir URL yang memungkinkan Facebook, Hubspot, Olytics, dan perusahaan lain melacak klik Anda dan menayangkan iklan bertarget.

Anda mungkin memperhatikan pertanyaan ini ketika Anda mengklik tautan yang berasal dari Facebook, misalnya.

Alih-alih menampilkan “https://www.koran-jogja.com/example.html”, itu mungkin menampilkan sesuatu seperti “https://www.koran-jogja.com/example.html?fbclid=aa7-V4yb6Yfit_9_Pd” (bukan contoh nyata ).

Kumpulan karakter setelah tanda tanya itu adalah parameter kueri yang dapat memberi tahu perusahaan bahwa Anda telah mengeklik tautan, membantu mereka membuat profil Anda untuk penargetan iklan.

Jika Anda mengaktifkan fitur stripping di Firefox versi terbaru, karakter tersebut akan dihapus sebelum memuat URL, jadi Facebook tidak akan lebih bijaksana.

Ini bekerja melalui daftar blokir dan mencakup Olytics, Drip, Vero, HubSpot, Marketo, dan Facebook.

Untuk mengaktifkan fitur tersebut, Anda cukup memilih “Ketat” untuk “Perlindungan Pelacakan yang Ditingkatkan” di pengaturan Privasi & Keamanan.

Itu tidak berfungsi dalam Mode Pribadi, tetapi Anda juga dapat mengaktifkannya di sana dengan mengetikkan “about:config” di bilah alamat, mencari strip dan menyetel opsi ‘privacy.query_stripping.enabled.pbmode’ ke true, sebagai Bleeping Komputer. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *