Safari menjadi browser kedua, mencapai satu miliar pengguna

by

Koran Jogja – Peramban Safari Apple sekarang memiliki lebih dari satu miliar pengguna, terhitung hampir 20 persen dari semua orang di internet.

Angka-angka ini berasal dari Atlas VPN (opens in new tab) yang melakukan penelitian untuk mengidentifikasi browser internet yang paling banyak digunakan.

Meskipun Safari mencapai tujuan yang monumental, itu bahkan tidak mendekati angka kolosal Google Chrome.

Atlas VPN menarik data dari GlobalStates dan InternetWorldStats, dan menurut jumlah mereka, Google Chrome memiliki lebih dari 3,3 miliar pengguna di seluruh dunia.

Ini berarti bahwa Chrome mengambil sedikit lebih dari 64 persen dari total pasar browser. Setelah Safari duduk Microsoft Edge, Firefox, dan Samsung Internet.

Keamanan dan ketersediaan

Atlas VPN mengaitkan popularitas sebagian besar browser teratas dengan ketersediaan dan fitur keamanannya yang luas. Chrome sedikit berbeda. Atlas VPN mengklaim “desain drive aplikasi” Chrome menarik banyak orang.

Google memiliki banyak aplikasi yang banyak digunakan seperti YouTube, Maps, dan Drive, yang sering digunakan banyak orang. Aplikasi tersebut, Atlas VPN menegaskan, mengarahkan orang untuk mencoba layanan Google lainnya dan akhirnya mengunduh Chrome.

Keberhasilan Safari terkait dengan fakta bahwa Safari langsung tersedia di semua iPhone dan Mac.

Apa yang memperluas kesuksesan itu, menurut penelitian, adalah fitur keamanan browser. Yaitu, fitur Pencegahan Pelacakan Cerdas yang mencegah pelaku jahat melacak orang di seluruh situs web.

Microsoft Edge dan Samsung Internet mirip dengan Safari tanpa fitur keamanan.

Edge adalah default di semua perangkat Microsoft, ditambah ada periode waktu ketika sulit untuk beralih browser default, yang menyebabkan peningkatan pengguna, menurut Atlas. Dan peramban milik Samsung ada di semua perangkat selulernya, sehingga aplikasi ini mendapat adopsi yang tinggi.

Popularitas Firefox terkait dengan fitur keamanannya. Peramban memiliki banyak ekstensi yang melindungi orang dari berbagai bentuk malware.

Ini juga memiliki protokol jaringan Secure Shell, yang memastikan komunikasi yang aman antar perangkat dan merupakan salah satu dari sedikit browser yang mendukungnya. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *