Satu Korban Di Di Glagah Masih Dalam Pencarian

by

Kulonprogo, Koran Jogja – Kantor Pencarian dan Pertolongan Basarnas Yogyakarta masih melakukan proses pencarian korban hilang terseret ombak Pantai Glagah, Kecamatan Temon, Kulonprogo pada Rabu (5/1/2022) sore.

Empat orang yang terseret ombak, dua berhasil diselamatkan, satu ditemukan meninggal dan satu masih dinyatakan hilang.

Diberitakan, empat anak yang mendapatkan musibah ini merupakan rombongan dari Boyolali, Jawa Tengah yang berjumlah 15 orang. Mereka tiba di Pantai Glagah pukul 15.00 WIB.

“Di hari kejadian kami mengirimkan satu tim Rescue dari Unit Siaga Basarnas Congot yang dilengkapi dengan peralatan water rescue untuk melakukan pencarian bersama dengan SAR Gabungan,” kata Kepala Basarnas Yogyakarta L Wahyu Efendi, Kamis (6/1/2022).

Di hari kedua ini, operasi gabungan yang melibatkan sekitar 100 personel ini memfokuskan pencarian di darat dan laut. Keseluruhan personel menurut Wahyu dibagi empat untuk menemukan Radinka Putri (9) yang masih hilang.

“Tim Search and Rescue Unit (SRU) satu melakukan penyisiran lewat darat dari sisi barat TKP ke selatan sampai ujung pemecah ombak dan TKP ke utara sampai muara sisi utara,” lanjutnya.

Kemudian SRU 2, memantau dan menyisir via darat sisi utara dari barat ke timur sampai ujung tikungan muara timur. Adapun SRU 3 ditugaskan melakukan pemantauan dan penyisiran darat sebelah timur dari TKP ke selatan hingga ujung pemecah ombak sisi timur.

Terakhir SRU 4 yaitu tim air dengan menggunakan perahu karet dan tim selam terjun mencari di perairan.

“Berbagai peralatan pendukung pencarian sudah kita siapkan yang terdiri dari alat selam, perahu karet, ambulance, ATV, dan peralatan lain pendukung,” terang Wahyu.

Diberitakan, empat anak ini terseret ombak ketika akan kembali dari timur muara sungai Serayu yang sekitar pukul 17.30 sedang mengalami pasang. Dua korban yang terselamatkan yaitu Ismandi dan Zulfa Ulil Absa. Satu korban yang ditemukan meninggal Fatih Deandra Auliaskan.

“Satu korban yang ikut terseret ombak dan dinyatakan hilang atas nama Randika Putri,” tutup Wahyu. (Set)