Susun Bahan Ajar Pancasila, BPIP Libatkan Lemhanas

by

Yogyakarta, Koran Jogja – Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Yudian Wahyudi menyebut melibatkan Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas) dalam penyusunan bahan ajar Pancasila sangat penting.

“Lemhannas kita gandeng karena dalam pendidikan bangsa, lembaga ini mendapatkan tugas pokok dalam pengkajian dan pemantapan nilai-nilai kebangsaan dalam rangka mengokohkan karakter kebangsaan,” jelasnya dalam rilis yang diterima Sabtu (12/3).

Sebagai mitra strategis BPIP, Lemhanas penyamaan persepsi tentang materi pembinaan ideologi Pancasila di kementerian atau lembaga pemerintah.

Sehingga tidak ada lagi versi atau tafsir-tafsir lain yang beragam apalagi yang bertentangan dengan Ideologi Pancasila.

“Kerjasama dengan Lemhanas sebagai upaya mempersatukan materi atau tafsir-tafsir tentang Pancasila yang ada di lembaga pemerintahan sehingga tidak ada versi-versian,” lanjut Yudian.

Yudian mengatakan, pertemuan dengan Gubernur Lemhanas Andi Widjajanto, merupakan tindak lanjut dari pembicaraan sebelumnya. Dirinya berharap kerjasama yang sudah disepakati dilakukan sesegera mungkin.

Gubernur Lemhannas Andi Widjajanto kerjasama kedua lembaga ini akan memperkuat sinergitas dalam pemahaman bersama tentang wawasan kebangsaan dengan dasar ideologi Pancasila.

“Penyusunan materi-materi pendidikan dan pelatihan pembinaan ideologi Pancasila untuk berbagai kalangan. Agar lebih menyasar kelompok milenial sebagai pengguna terbesar teknologi komunikasi terkini,” jelasnya.

Lemhanas turut penyampaian nilai-nilai Pancasila bertransformasi ke dalam dunia digital seperti melalui aplikasi.

Hadirnya keterlibatan MPR dinilai penting untuk menyatukan pemahaman tentang Pancasila dan perkuat tentang 4 pilar kebangsaan lainnya. (Set)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *