Tingkatkan Wawasan Dinpar Gunungkidul Gelar Pelatihan Untuk Pengelola Desa Wisata

by

Gunungkidul, Koran Jogja – Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul terus berupaya mengembangkan potensi pariwisata. Tidak hanya infrastruktur tetapi juga peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) dengan melakukan pelatihan kepada pelaku wisata pengelola Desa Wisata.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul Muhammad Arif Aldian menyampaikan, pihaknya melakukan pelatihan kepada 40 orang pengelola Desa Wisata melalui Bidang Pengembangan dan Destinasi Seksi Kelembagaan menyelenggarakan kegiatan Pelaksanaan Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Manusia Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Tingkat Dasar dengan sumber pendanaan dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Non Fisik, Dana Pelayanan Kepariwisataan Tahun Anggaran 2022.

“Pelatihan Pengelolaan Desa Wisata dilaksanakan selama 3 ( tiga ) Hari yaitu tanggal 17, 18 dan 19 Mei 2022 dengan jadwal kegiatan 2 ( dua ) hari tanggal 17 dan 18 Mei 2022,” kata Arif dalam keterangan tertulisnya Kamis (17/5)

Untuk tanggal 19 Mei 2022 akan dilakukan kunjungan ke Desa Wisata Pulesari Kapanewon Turi, Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta.

“Sebanyak 40 peserta dengan tujuan agar pengelola Desa Wisata semakin memahami tentang cara pengelolaan Desa Wisata menjadi kawasan Destinasi Wisata, dengan memanfaatkan potensi dan produk lokal serta membangun masyarakat desa Sadar Wisata melalui Sapta Pesona,” kata dia.

Dikatakan Arif, pihaknya mengundang beberapa narasumber terdiri dari akademisi, praktisi, dan instansi yang membidangi materi tersebut. Adapun Narasumber yang memberikan materi tersebut antara lain, Dr. Eka Janita Dewi, M.B.A., Ph.D., Yitno Purwoko, SE. M.Sc, Sugeng Handoko, S.T, Mujimin, Dr. Destha Titi Raharja, S.Sos. M.Si, Dr. Ayu Helena Comellia, B.A., M.Si., Mursidi.

” Sedangkan Narasumber untuk kunjungan ke Lokasi Desa Wisata Pulesari disampaikan oleh Ketua Desa Wisata Pulesari dan Pemerintah Desa setempat,” Kata dia.

Arif berharap setelah pandemi ini, kawasan wisata Gunungkidul kembali bergeliat. Hal ini terlihat saat kunjungan wisata libur lebaran dan Waisak kemarin ratusan ribu wisatawan sudah kembali berkunjung di Gunungkidul.

“Harapannya kedepan tidak hanya berkunjung ke kawasan pantai, juga destinasi wisata lain. Selain itu meningkatkan lama tinggal di Gunungkidul,” kata Arif. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *