26 Ribu Calon Mahasiswa Berebut Masuk UPNVY

by

Sleman, Koran Jogja – Panitia penerimaan mahasiswa baru (PMB) Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta (UPNVY) sebanyak 26.193 calon mahasiswa yang telah mendaftar untuk ikut seleksi Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

Sebelumnya, Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) telah meluluskan sebanyak 718 orang menjadi mahasiswa UPNVY setelah bersaing dengan 7.308 pendaftar.

“Selain SNMPTN dan SBMPTN, satu jalur penerimaan mahasiswa yang kita buka adalah jalur Seleksi Mandiri (SM) yang pendaftaran resmi dibuka mulai 1-31 April ini,” kata Ketua PMB Hendro Wijanarko, Kamis (1/4).

Hendro mengatakan untuk pelaksanaan SBMPTN, pihaknya menunggu keputusan dari pusat yang kemungkinan bakal dilaksanakan pada 12 April nanti.

Sedangkan untuk jalur SM, UPNVY telah menetapkan jadwal ujiannya pada 4-5 Juni, sedangkan hasilnya diumumkan 14 Juni 2021. Ujian SM akan dibagi dalam tiga ujian yaitu Jalur Prestasi, Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) 2021, dan Ujian Tulis Berbasis Cetak (UTBC).

Ujian UTBC secara tertulis diselenggarakan di 5 tempat yakni Yogyakarta, Semarang, Purwokerto, Tegal, dan Madiun dengan penerapan protokol kesehatan ketat.

“Daya tampung UPNVY 2021 yaitu masing SNMPTN sebesar 20%, SBMPTN sebesar 50%, dan SM sebesar 30%. Dari total daya tampung Mahasiswa Baru UPNVY sebanyak 3.640 kursi,” kata Hendro.

Tahun ini UPNVY bakal menerapkan pembelajaran tatap muka baik dalam jaringan maupun luar jaringan yang ini berlaku bagi semua mahasiswa. Satgas Covid-19 UPNY mensyaratkan surat bebas dari instansi kesehatan menjadi syarat wajib.

“Tatap muka maksimal diikuti 50 persen dari kapasitas ruang kuliah,” kata Hendro.

Hendro mengatakan pembelajaran tatap muka ini penting untuk mentransfer ilmu terutama soft skill seperti disiplin, empati, penghormatan kepada orang yang lebih tua bagi mahasiswa.

“Pembelajaran sistem online jangka panjang memberi dampak lost generation pada anak didik kita. Pembelajaran daring peserta didik tidak langsung mampu mendengarkan, melihat gerak tubuh maupun menyalin penjelasan paparan, terutama jika kamera dimatikan,” katanya.(set)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *