7 Manfaat Mentimun Bagi Kesehatan

by

Koran Jogja – Mentimun tidak hanya memiliki nutrisi, karena warnanya pucat dan kandungan airnya tinggi. Tapi sebenarnya, kandungan cairan mereka adalah salah satu dari banyak keistimewaan mereka.

Berikut adalah tujuh cara mentimun membantu melindungi dan meningkatkan kesehatan Anda.

Mentimun meningkatkan kesehatan tulang

Nutrisi utama dalam mentimun adalah vitamin K, yang merupakan kunci untuk kesehatan tulang. Satu cangkir mentimun dengan kulitnya masih memasok lebih dari 20% dari target harian yang direkomendasikan untuk vitamin K.

Nutrisi ini diperlukan untuk pembentukan tulang, dan beberapa penelitian telah menghubungkan kadar K yang rendah dengan osteoporosis dan peningkatan risiko patah tulang.

Mentimun dapat meningkatkan kesehatan jantung

Mentimun mengandung lusinan antioksidan, termasuk flavonoid, yang dikenal dapat melindungi dari penyakit jantung.

Bijinya mungkin juga bermanfaat: Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan tahun lalu, sekelompok kecil orang dengan sedikit peningkatan lemak darah mengonsumsi ekstrak biji mentimun kering setiap hari.

Setelah enam minggu mereka mengalami sejumlah perubahan yang menguntungkan, termasuk penurunan kolesterol total, penurunan kolesterol LDL “jahat”, peningkatan HDL “baik”, dan penurunan trigliserida.

Mentimun menghidrasi

Menurut USDA, satu mentimun berukuran sedang mengandung 194 gram cairan. Itu berarti hampir tujuh ons, hanya satu ons cangkir! Menambahkan irisan cukes ke dalam air juga menambah rasa, yang dapat membantu meningkatkan asupan air Anda lebih banyak lagi.

Bagus untuk manajemen berat badan

Mentimun  rendah kalori, tetapi mengandung serat dan cairan yang mengenyangkan.
Satu cuke sedang menyediakan seperempat kalori dalam apel berukuran sedang. Dan dari 4 gram total karbohidrat dalam mentimun, satu setengahnya berasal dari serat.

Mentimun dapat membantu mengurangi risiko kanker

Seiring dengan biji rami dan wijen, kangkung, brokoli, kubis, stroberi, aprikot, dan makanan nabati lainnya, mentimun mengandung zat alami yang disebut lignan.

Bakteri di saluran pencernaan mengubah lignan menjadi senyawa yang mengikat reseptor estrogen.

Beberapa studi pendahuluan menunjukkan bahwa mentimun dapat melindungi terhadap kanker terkait estrogen, termasuk kanker payudara, ovarium, rahim, dan prostat.

Mentimun bisa menenangkan kulit

Meletakkan beberapa irisan mentimun pada mata yang bengkak sebenarnya sangat masuk akal. Bubur mentimun terutama terdiri dari air, vitamin C, dan asam caffeic, bahan kimia alami yang memiliki sifat anti-inflamasi.

Kombinasi ini memicu efek menenangkan pada kulit, dan mengurangi iritasi dan pembengkakan kulit. Untuk alasan ini, mentimun telah lama dioleskan sebagai obat rumahan untuk jerawat dan kulit terbakar.

Mentimun membantu memerangi bau mulut

Salah satu penyebab umum bau mulut adalah bau yang dihasilkan saat bakteri menyerang partikel makanan yang terperangkap.

Cairan dalam mentimun, serta produksi air liur yang dipicu oleh mengunyah, membantu membersihkan mulut dan menghilangkan penyebab bau ini. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *