7 Resep Camilan Berbahan Tepung Terigu untuk Bekal ke Kantor

by

Koran Jogja – Membagi gaji dengan pengeluaran memang harus penuh perhitungan matang. Jangan sampai uang gaji sudah habis di pertengahan bulan karena pengeluaran semakin membengkak. Nah, salah satu cara untuk menghemat uang gaji adalah dengan menghemat budget makan.

Anda bisa membuat bekal makanan sendiri dari rumah dengan bahan-bahan yang ada. Bila bosan, bisa coba buat camilan sederhana menggunakan tepung terigu. Bingung membuat camilan apa yang cocok sebagai bekal makan ke kantor? Contek tujuh resep camilan berbahan tepung terigu berikut ini.

  1. Kue Cucur

Tidak punah dari waktu ke waktu, kue cucur adalah jajanan tradisional yang tersebar di seluruh Indonesia, dari pulau Madura, Sumatra, Jawa, Kalimantan dan Sulawesi. Tak hanya di Indonesia, Kue cucur sendiri juga populer di negara tetangga, Malaysia. Namun, di negeri jiran kue cucur dikenal dengan nama “penyaram”.

Bahan utama pembuatan kue cucur sendiri adalah tepung terigu dan dibuat dengan cara digoreng. Rebus gula merah terlebih dahulu, kemudian campurkan daun pandan hingga airnya lumayan mendidih.

Kemudian, beri garam dan aduk hingga merata. Tunggu dan diamkan selama dua jam. Kemudian, tuang satu sendok adonan ke dalam minyak panas, goreng hingga kue cucur matang.

  1. Kue Lapis Legit

Kue lapis legit muncul pertama kali di zaman kolonial Belanda. Dulunya, kue ini bernama asli Spekkoek. Nah, seiring berjalannya waktu, Spekkoek pun mendapat pengaruh budaya Indonesia. Orang lokal memodifikasinya dengan menggunakan bahan dan bumbu yang sesuai dengan lidah indonesia.

Anda bisa membuat lapis legit dengan cara mengolesi loyang menggunakan margarine yang diberi alas kertas roti. Lalu, adonan kue lapis legit pun dimasukkan loyang hingga mengembang.

  1. Macaroni Schotel

Macaroni Schotel masuk ke Indonesia di masa penjajahan belanda dengan nama Macaroni Casserole. Orang lokal menyebutnya sebagai Macaroni Schotel karena proses pembuatanya menggunakan schottel. Hanya saja, dulu macaroni panggang seperti ini kurang populer karena harga bahannya terlampau mahal untuk keadaan ekonomi orang Indonesia di zaman penjajahan.

Sekarang, Macaroni Schotel semakin ramai dibuat dan dijual di beberapa outlet makanan. Anda pun bisa membuat Macaroni Schotel menggunakan tepung.

Rebus dulu Macaroni hingga matang. Kemudian, tumis bawang bombay, bawang putih, sosis dan kornet. Masukkan makaroni dan tuang susu cair serta telur. Lalu, aduk hingga rata. Masukkan gula pasir, lada bubuk serta kaldu jamur. Masukkan keju dan parut hingga rata, kemudian angkat.

  1. Mendoan

Tak cuma enak sebagai lauk, mendoan pun sangat lezat disantap sebagai camilan. Dulunya mendoan sudah ada bersamaan dengan kemunculan tahu dan tempe. Tempe mendoan sendiri sudah ada sejak tahun 1960-an dan dikelola pertama kali di Banyumas.

Bagi Anda yang ingin membuat mendoan, bisa menyiapkan tepung terigu dan tempe. Campurkan tempe ke dalam adonan mendoan yang terbuat dari campuran tepung terigu, tapioka dan tepung goreng serbaguna. Kemudian, goreng tempe hingga matang.

  1. Pempek

Dengan menggunakan tepung terigu, Anda juga bisa membuat pempek yang berasal dari Palembang. Makanan ini dibawa ke Indonesia oleh seorang pemuda keturunan Tionghoa bernama Apek.

Pria ini tinggal di pinggiran sungai Musi yang didalamnya ada banyak sekali ikan. Apek pun punya ide untuk mengolah ikan di sungai Musi dengan campuran tepung. Dengan semangat membara, Apek pun menjual masakannya. Pelanggan Apek yang sudah kenal memanggilnya “Apek…Apek…” ketika ingin membeli pempek.

Anda yang ingin membuat empek-empek bisa mudah mempelajarinya karena prosesnya sangat sederhana. Masukkan tepung terigu ke dalam kaldu jamur, kemudian masukkan tepung sagu dan telur. Bentuk adonan empek-empek sesuai selera, lalu rebus hingga mengapung.

  1. Cilok

Cilok adalah cemilan paling populer di Indonesia yang berasal dari Sunda. Cilok sendiri merupakan campuran dari aci dan cilok yang dihidangkan dengan sambal, kecap serta bumbu kacang. Dihadirkan dengan cara dicolok, itulah kenapa makanan ini disebut cilok. Cilok sendiri dijual dengan harga murah dan sering ada di halaman sekolah.

Rebus cilok yang dibuat dari tepung terigu hingga mengembang. Kemudian, buat sambal kacang dengan bawang, kacang dan cabai. Beri sedikit air dan tumis sampai mengembang. Terkadang, cilok juga hadirkan dengan cara dibakar mirip sate. Anda juga bisa menambahkan keju di atas cilok bakar supaya rasanya semakin nikmat.

  1. Pastel

Siapa sangka, pastel yang sering dijual di pasar merupakan makanan yang berasal dari India dan timur tengah. Makanan ini masuk ke Indonesia dibawa oleh bangsa Spanyol dan Portugis.

Bagi Anda yang ingin membuat pastel, bisa siapkan tepung terigu, gula, garam, minyak sayur dan margarin. Kemudian, aduk semuanya hingga merata. Tuangkan air sedikit hingga sedikit dan diamkan selama kurang lebih 15 menit.

Giling tipis adonan tersebut hingga berbentuk tepung. Nah, pinggirannya bisa dipilin setelah diberi isi. Bila sudah, Anda tinggal menggorengnya hingga matang.

Membawa bekal makan ke kantor memang jadi solusi kalau ingin menghemat uang gaji. Tak cuma bawa nasi dan lauk, Anda juga bisa membawa cemilan sendiri dari rumah. Buat camilan pakai tepung terigu, beli bahannya bisa di Blibli. Dijamin aman dan pasti sampai. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *