Anggota KPPS Gunungkidul Diketahui Positif Corona

by

Gunungkidul, Koran Jogja – Salah seorang anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) diketahui terpapar Covid-19.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat menyebut akan segera mengganti yang bersangkutan demi menciptakan Pilkada yang aman di tengah pandemi Corona.

Ketua KPU Gunungkidul Ahmadi Ruslan Hani mengatakan, diketahuinya salah seorang anggota KPPS positif Corona itu merupakan dari hasil skrining yang dilakukan.

“Informasinya yang bersangkutan domisi di Panggang. Sementara baru satu yang diketahui dari skrining,” katanya, Rabu (25/11).

Hani mengatakan, skrining sengaja dilakukan supaya dalam proses Pilkada yang akan segera memasuki tahapan pemungutan suara bisa berjalan dengan aman di tengah pandemi. Menurut Hani, mereka yang diketahui positif pun akan langsung diganti.

“Segera kami proses pergantiannya. Jadi skrining ini merupakan upaya kami agar tahapan pemungutan suara nanti bisa berjalan aman. Semua anggota KPPS rapid tes, dan kalau diketahui reaktif langsung dilakukan swab,” ucapnya.

Kepala Dinas Kesehatan Gunungkidul Dewi Irawaty mengatakan, dari hasil skrining memang diketahui ada satu orang anggota KPPS yang positif Covid-19. Yakni seorang pria berumur 26 tahun dari Panggang. “Hasil skrining anggota KPPS,” ucapnya.(rid)