Pengurus IKG Dikukuhkan, Ini Harapan Bupati Sunaryanta

by

Koran Jogja – Ikatan Keluarga Gunung Kidul (IKG) menyelenggarakan kegiatan Pengukuhan/Pelantikan Jajaran Pengurus IKG Masa Bakti 2021-2026 bertempat di Anjungan DI Yogyakarta, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta.

Bupati Gunungkidul, Sunaryanta yang menghadiri acara itu mengatakan, IKG merupakan organisasi sosial. Selama ini telah mengemban amanat leluhur dengan membangun dan melestarikan ikatan kekeluargaan dan persaudaraan sesama warga asal Gunungkidul yang tinggal di perantauan.

Sunaryanta mengatakan, organisasi ini, aktualisasi dari cirikhas dan karakter warga Gunungkidul yang sangat kuat dalam ikatan kekeluargaan, kebersamaan dan semangat gotong-royongnya.

“Saya sangat bangga dengan kerukunan warga Gunungkidul di tanah rantau ini. Meski tinggal jauh dari tanah kelahiran, tapi masih memiliki jiwa sosial yang tinggi untuk warga Gunungkidul dan turut berkontribusi dalam membangun daerah yang maju,” katanya dalam keterangan tertulisnya Senin (22/3).

Sunaryanta berharap, IKG turut meningkatkan dan mendorong investasi di Gunungkidul, terutama sektor pariwisata maupun sektor pertanian dalam arti luas.

Menurutnya, investasi menjadi faktor penting, karena akan berpengaruh positif dalam memulihkan kondisi pariwisata Gunungkidul yang sempat menurun, karena terdampak Covid-19.

“Kita semua harus sepakat memiliki komitmen dalam membangun Gunungkidul. Berkaitan dengan investasi, sektor ini akan menggerakkan dinamika industri dan produktivitas berbasis potensi lokal, serta mendorong agar pariwisata Gunungkidul semakin unggul dan bahkan mampu mendunia,” katanya.

Sunaryanta berkata, pemerintahan di era kepemimpinannya mulai berbenah dan bersiap mendukung kemitraan yang akan terus dibangun melalui iklim investasi yang semakin kondusif bersama Ikatan Keluarga Gunungkidul.

“Saya yakin potensi SDA dan SDM, kekayaan budaya dan tradisi di Gunungkidul sangat besar, untuk menjadi modal dalam membangun pariwisata yang unggul. Sekali lagi saya ucapkan selamat kepada pengurus terlantik, mari bersama membangun Gunungkidul yang lebih maju,” katanya.

Ketua Umum IKG terpilih, Eddy Sukirman dalam sambutannya mengatakan, IKG saat ini telah memiliki 18 korcam, dan di usia ke 50 tahun IKG, IKG sudah memasuki masa tinggal landas.

Menurutnya, sekuat tenaga dan pikiran IKG akan terus mengembangkan diri baik dari unsur pendidikan sosial dan bidang lainya. “Tidak kalah penting IKG akan terus bersinergi dengan pemerintah daerah untuk membangun dan memajukan Gunungkidul,” katanya.

Eddy mengatakan, IKG dalam waktu dekat akan mengadakan kegiatan Wisata ke Gunungkidul. “Akankan memperkenalkan pojok-pojok wisata yang ada di sana, kami bangga dan akan mempromosikan potensi-potensi yang ada di Gunungkidul, kami akan terus bersinergi membangun Guningkidul,” ucapnya.(rls/rid)