Angkat Ekonomi, Yogya Kampanyekan Bersepeda di Perkampungan

by

Yogyakarta, Koran Jogja – Pemerintah Kota Yogyakarta mengkampanyekan bersepeda menyusuri perkampungan dalam upaya menggeliatkan sektor wisata di tengah pandemi Covid-19 ini. Selain menumbuhkan perilaku hidup sehat, aktivitas ini juga akan mengangkat potensi yang ada di perkampungan.

Terlebih Yogyakarta telah memiliki banyak program wisata jelajah kampung, yang dapat diakses melalui layanan Jogjabike. Jogjabike juga telah memperluas layanan baru berupa Paket Wisata Bersepeda.

Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi mengatakan telah dorong lima rute gowe kampung untuk cepat dilaksanakan di masa pandemi. Selanjutnya mengintegrasikan antara potensi wisata kampung dengan hotel, komunitas sepeda, maupun korporasi.

“Sehingga bisa beraliansi bagaimana menjual wisata menikmati Yogyakarta dengan cara yang berbeda,” katanya, di kebun Plasma Nutfah Pisang Dinas Pertanian Kota Yogyakarta, Jumat (30/10).

Heroe mengatakan, dengan mengangkat potensi di kampung maka perekonomian warga pun juga ikut terbantu. Sehingga bisa menurunkan angka gini ratio atau tingkat kesenjangan yang masih tinggi.

“Angka harapan hidup, indeks pembangunan manusia, dan indeks lain di Yogya paling tinggi, namun angka gini ratio ini juga tinggi. Kami menilai usaha jasa wisata yang bisa menurunkan tingginya kesenjangan itu,” ucapnya.

Komisaris Utama Jogjabike Triyanto mengatakan cara baru berwisata di era pandemi adalah tawaran yang menarik di masa pandemi ini.

“Semoga bisa mengangkat kampung-kampung wisata sekaligus membantu mendatangkan wisatawan ke Jogja. Kami harap pariwisata Kota Jogja tetap bisa menjawab tantangan jaman,” katanya.

Sementara, CEO Jogjabike M Aditya dalam kesempatan itu menjelaskan, pada usia Jogjabike tahun kedua ini, pihaknya mendapatkan tantangan berat. Pandemi Covid-19 menuntut Jogjabike untuk bisa berkreasi.

Pandemi saat ini membuat sepeda semakin banyak diminati. Masyarakat menjadi lebih sadar terhadap kesehatan. Banyak juga warga masyarakat yang ingin refreshing ke obyek wisata dengan cara bersepeda.

“Ini yang kemudian kami lihat sebagai tantangan sekaligus peluang dan Jogjabike menjawabnya dengan cara Rebranding di ulang tahun kedua ini” katanya.

Wisata bersepeda Jogjabike ke obyek wisata dengan melewati kampung-kampung atau sawah itu, lanjut dia, akan dikemas sebagai paket-paket wisata karena Jogja kaya akan obyek wisata, kampung unik dan juga persawahan.(rid)