Apa Saja Manfaat Mengangkat Kaki Anda?

by

Koran Jogja – Banyak dari kita menghabiskan banyak waktu kita baik duduk atau berdiri. Karena itu, sering kali terasa menyenangkan untuk bersantai dan sesekali bersantai. (Healthline, 12/6)

Bahkan mungkin Anda bisa mendapatkan beberapa manfaat kesehatan dari mengangkat kaki Anda.

Apa manfaat kesehatan dari elevasi kaki?

Duduk atau berbaring dengan kaki terangkat dapat memiliki beberapa manfaat kesehatan potensial. Mari kita jelajahinya.

Meningkatkan aliran darah

Mengangkat kaki Anda dapat membantu meningkatkan aliran darah di ekstremitas bawah Anda. Bagaimana? Jawaban sederhananya adalah gravitasi.

Darah yang kehabisan oksigen kembali ke jantung Anda melalui pembuluh darah Anda. Tidak seperti arteri Anda, tekanan di pembuluh darah Anda relatif rendah.
Untuk membantu menggerakkan darah, pembuluh darah Anda menggunakan katup kecil dan kontraksi otot di sekitarnya untuk membantu memindahkan darah kembali ke jantung Anda.

Saat Anda duduk atau berdiri, darah yang kekurangan oksigen di kaki Anda juga harus bekerja melawan gravitasi untuk kembali ke jantung Anda.

Mengangkat kaki Anda menempatkan mereka di atas tingkat jantung Anda. Ini berarti bahwa gravitasi sekarang bekerja sesuai keinginan Anda. Ini dapat membantu meningkatkan aliran darah di pembuluh darah di kaki Anda.

Mengurangi pembengkakan

Pembengkakan bisa terjadi karena akumulasi kelebihan cairan (edema) atau peradangan. Ada kemungkinan cedera atau kondisi kesehatan tertentu dapat menyebabkan pembengkakan pada kaki Anda.

Dengan cara yang sama membantu meningkatkan aliran darah, meninggikan kaki Anda di atas tingkat jantung Anda dapat membantu kelebihan cairan mengalir lebih efektif.

Menurunkan tekanan

Berdiri atau duduk dalam waktu lama dapat menyebabkan darah menggenang di pembuluh darah kaki Anda. Hal ini dapat menyebabkan peningkatan tekanan di pembuluh darah ini yang, pada gilirannya, dapat berkontribusi pada perkembangan kondisi seperti varises.

Mengangkat kaki Anda dapat membantu menurunkan tekanan di kaki Anda dengan membiarkan darah yang terkumpul mengalir keluar.

Jika Anda sudah berdiri cukup lama, duduk dengan kaki terangkat juga dapat membantu mengurangi tekanan dan nyeri pada kaki yang lelah.

Apakah ada tindakan pencegahan yang harus diperhatikan?

Jika Anda tertarik untuk mencoba elevasi kaki, ada beberapa petunjuk yang perlu diingat.

Pertama, jika Anda memiliki kondisi kesehatan yang mendasarinya, bicarakan dengan dokter Anda untuk memastikan itu aman untuk Anda. Ini selalu merupakan aturan praktis yang baik sebelum mencoba terapi baru.

Dokter Anda mungkin memiliki tips khusus tentang cara terbaik untuk melakukan elevasi kaki untuk kondisi Anda. Mungkin juga elevasi kaki tidak direkomendasikan untuk kondisi Anda.

Selanjutnya, pastikan Anda memiliki penyangga yang sesuai untuk tubuh Anda. Pastikan Anda berbaring di permukaan yang memberikan dukungan yang baik untuk punggung Anda.

Ingatlah bahwa kaki Anda perlu beristirahat di atas ketinggian jantung Anda. Karena itu, mungkin berguna untuk menggunakan bantal untuk membantu mengangkat kaki Anda. Bahkan, Anda mungkin ingin mendapatkan bantal yang dirancang khusus untuk elevasi kaki.

Terakhir, penting untuk mengikuti instruksi dokter Anda jika Anda baru pulih dari cedera atau operasi. Jika elevasi kaki adalah bagian dari rencana pemulihan Anda, pastikan untuk mematuhi panduan dokter Anda tentang seberapa sering dan berapa lama melakukannya.

Kesimpulan

Mengangkat kaki Anda dapat bermanfaat bagi kesehatan Anda dalam beberapa cara. Beberapa manfaat utama termasuk meningkatkan aliran darah, mengurangi peradangan, dan menurunkan tekanan di pembuluh darah di kaki Anda.

Anda dapat menggunakan elevasi kaki untuk membantu meringankan gejala varises dan mengurangi pembengkakan selama kehamilan. Ini juga bisa menjadi cara yang bermanfaat untuk mencegah pembekuan darah setelah operasi.

Pastikan Anda memiliki dukungan yang memadai untuk punggung dan kaki Anda sebelum mencoba elevasi kaki. Jika Anda memiliki kondisi kesehatan yang mendasarinya, pastikan untuk berbicara dengan dokter Anda sebelum mencoba elevasi kaki.

Kondisi apa yang bisa membantu?

Sekarang setelah kita menjelajahi manfaat kesehatan potensial dari mengangkat kaki Anda, mari kita lihat lebih dekat beberapa kondisi kesehatan yang dapat membantu.

Kondisi vena

Duduk, berdiri, atau tidak aktif dalam waktu lama adalah faktor-faktor yang dapat meningkatkan risiko Anda terkena kondisi vena. Mengangkat kaki Anda dapat membantu mencegah atau meringankan kondisi vena, seperti:

– Tromboflebitis superfisial. Tromboflebitis superfisial adalah bekuan darah di vena tepat di bawah kulit Anda yang dapat menyebabkan pembengkakan dan nyeri tekan. Sementara beberapa berisiko rendah, yang lain mungkin terkait dengan trombosis vena dalam.

– Trombosis vena dalam (DVT). DVT adalah ketika gumpalan darah terbentuk di salah satu vena dalam di kaki Anda. Gumpalan ini dapat menghalangi aliran darah, yang menyebabkan pembengkakan atau nyeri pada kaki. Gumpalan ini juga bisa pindah ke paru-paru Anda, menyebabkan emboli paru.

– Pembuluh mekar. Varises terjadi ketika darah menggenang di pembuluh darah Anda. Vena ini terletak tepat di bawah permukaan kulit Anda dan tampak bengkak, biru, dan bengkok. Varises dapat menyebabkan gejala yang seringkali lebih buruk setelah lama duduk atau berdiri.

– Insufisiensi vena kronis (CVI). CVI terjadi ketika darah tidak dapat kembali secara efektif ke jantung Anda, yang menyebabkannya menggenang di kaki Anda. Ini dapat menyebabkan berbagai gejala di kaki Anda, termasuk nyeri, bengkak, dan varises.

Cedera

Jika Anda mengalami cedera yang memengaruhi kaki Anda, kemungkinan besar Anda akan mengalami gejala seperti nyeri, nyeri tekan, dan bengkak. Mengangkat kaki Anda dapat membantu meringankan gejala-gejala ini.

Setelah operasi

Peninggian kaki setelah operasi juga dapat membantu meringankan rasa sakit dan pembengkakan. Selain itu, pembekuan darah (seperti DVT atau tromboflebitis) menjadi perhatian setelah operasi, terutama dengan operasi pinggul atau kaki.

Meskipun penting untuk melakukan gerakan lembut dan tidak bertahan dalam satu posisi terlalu lama, peninggian kaki secara berkala dapat membantu menurunkan risiko pembekuan darah.

Selama masa kehamilan

Pembengkakan pada ekstremitas bawah sering terjadi selama kehamilan. Ini mungkin karena peningkatan retensi cairan, perubahan hormonal, dan tekanan dari rahim yang membesar. Peninggian kaki dapat membantu meringankan pembengkakan ini.

Selulitis

Selulitis adalah infeksi kulit yang sering disebabkan oleh bakteri. Bakteri memasuki tubuh Anda melalui luka di kulit Anda dan dapat menyebabkan gejala seperti nyeri tekan, kemerahan pada kulit, dan pembengkakan.

Infeksi itu sendiri diobati dengan antibiotik. Namun, jika selulitis berkembang di lengan atau kaki Anda, dokter Anda mungkin menyarankan untuk mengangkat anggota tubuh yang terkena di atas jantung Anda untuk mengurangi pembengkakan.

Limfedema

Limfedema adalah suatu kondisi yang dapat terjadi karena kerusakan pada sistem limfatik Anda. Ini dapat menyebabkan cairan limfatik terkumpul di tubuh Anda, yang dapat menyebabkan pembengkakan di banyak bagian tubuh Anda, termasuk kaki Anda.

Limfedema adalah kondisi progresif, artinya secara bertahap memburuk dari waktu ke waktu.

Peninggian kaki dapat membantu mengurangi pembengkakan pada tahap awal kondisi ini, tetapi tidak efektif pada tahap selanjutnya.
Cara meninggikan kaki. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *