Apakah Sehat Tidur dengan Kipas Angin?

by

Koran Jogja – Apakah Anda menyalakan kipas angin sebelum tidur? Sementara beberapa orang mengatakan angin sejuk dan dengungan rendah membantu mereka tertidur. Mungkin ada beberapa kekurangannya. (Healthline, 29/6)

Kipas angin tidak menimbulkan risiko serius pada malam hari, tetapi bagi sebagian orang, hal itu dapat menyebabkan gejala yang agak mengganggu.

Apa potensi dampak dari tidur dengan kipas angin?

Potensi kelemahan menggunakan kipas angin di malam hari meliputi:

Penyumbatan

Sirkulasi udara dari kipas angin dapat mengeringkan mulut, hidung, dan tenggorokan Anda. Hal ini dapat menyebabkan produksi lendir yang berlebihan, yang dapat menyebabkan sakit kepala, hidung tersumbat, sakit tenggorokan, atau bahkan mendengkur.

Meskipun kipas tidak akan membuat Anda sakit, itu dapat memperburuk gejala jika Anda sudah tidak sehat. Anda mungkin dapat mengurangi kemacetan dengan minum lebih banyak air dan menggunakan pelembab udara bersama dengan kipas angin.

Alergi

Kipas angin dapat mengedarkan debu dan serbuk sari di udara, yang dapat memicu alergi pada beberapa orang.

Bilah kipas itu sendiri adalah sumber debu lain yang tidak diinginkan. Jika Anda menghirup alergen ini, Anda bisa mengalami gejala, seperti pilek, tenggorokan gatal, bersin, mata berair, atau kesulitan bernapas.

Mata dan kulit kering

Udara dari kipas angin dapat mengeringkan kulit dan mata Anda. Melembabkan kulit Anda dan menggunakan obat tetes mata yang menenangkan dapat membantu Anda menghindari gejala-gejala ini.

Nyeri otot

Sirkulasi udara yang terkonsentrasi dapat menyebabkan otot Anda tegang atau kram. Dengan cara ini, kipas angin dapat mendorong Anda untuk bangun dengan otot yang sakit.

Anda dapat membantu mengurangi peluang Anda untuk mengalami nyeri otot dengan mengarahkan kipas angin agar udara tidak langsung bertiup ke arah Anda.

Apa manfaat potensial dari tidur dengan kipas angin?

Angin dari kipas angin saat Anda tidur mungkin juga menawarkan keuntungan berikut:

Efek pendinginan

Manfaat paling nyata dari kipas angin adalah dapat membuat Anda tetap sejuk dan nyaman saat Anda tidur.

Terlalu panas di malam hari dapat mencegah Anda jatuh atau tertidur. Dan terlalu banyak berkeringat dapat menyebabkan hilangnya mineral penting yang dibutuhkan tubuh Anda.

Kebisingan lembut

Banyak orang memuji suara kipas yang menenangkan. Hum ini mirip dengan suara white noise dan dapat membantu Anda tertidur.

Dalam satu studi yang melibatkan 40 bayi baru lahir, peneliti menemukan bahwa 80 persen tertidur dalam waktu 5 menit setelah terpapar white noise dibandingkan dengan 25 persen bayi dalam kelompok kontrol.

Pengharum ruangan

Kipas angin dapat membantu mengedarkan udara pengap dan menyegarkan ruangan. Hal ini dapat membuat kamar tidur Anda tidak terlalu pengap dan mencegah bau yang tidak sedap.

pencegahan SIDS

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa menyalakan kipas angin di malam hari menurunkan risiko sindrom kematian bayi mendadak (SIDS) pada bayi.

Dalam satu artikel tahun 2008 yang diterbitkan di Archives of Pediatric Adolescent Medicine, peneliti menemukan penggunaan kipas angin saat tidur dikaitkan dengan pengurangan 72 persen risiko SIDS.

Apakah penting jenis kipas apa yang Anda miliki?

Jika Anda memutuskan untuk menggunakan kipas angin di malam hari, Anda mungkin ingin membeli yang portabel sehingga Anda dapat memindahkannya. Menjaga kipas berjarak 2 hingga 3 kaki akan melindungi Anda dari aliran udara yang terkonsentrasi.

Kipas berosilasi juga mencegah aliran udara bergerak hanya dalam satu arah.

Beberapa kipas datang dengan pengatur waktu yang akan mematikan perangkat setelah beberapa jam, yang dapat membantu meminimalkan paparan Anda.

Selain itu, penting untuk sering membersihkan bilah kipas untuk memastikannya bebas dari debu.

Cara lain untuk tetap tenang di malam hari

Jika Anda tidak ingin menggunakan kipas angin, cobalah beberapa cara alternatif untuk tetap sejuk di malam hari:

– Gunakan kasur pendingin. Ada banyak jenis kasur yang meningkatkan aliran udara dan menarik panas dari tubuh. Beberapa di antaranya menggabungkan teknologi, seperti arang, infus gel, dan tembaga.

– Kenakan pakaian yang sesuai. Pakaian longgar dan lembut yang terbuat dari katun, sutra, atau linen dapat membantu Anda tetap sejuk. Hindari rayon, bulu domba, atau poliester, yang dapat meningkatkan kehangatan.

– Gunakan tirai gelap. Menghindari sinar matahari dari kamar Anda dapat membantu membuatnya tetap dingin.

– Mandi air panas. Meskipun kedengarannya kontraproduktif, mandi air panas sebenarnya dapat membantu mendinginkan Anda sebelum tidur. Sebaiknya mandi sebelum tetapi tidak segera sebelum tidur.

– Buka pintu Anda di siang hari. Ini akan membantu pergerakan udara dari kamar ke kamar.

– Menjaga filter udara. Membersihkan dan mengganti filter udara dapat membuat rumah Anda tetap sejuk. Anda harus mengganti filter udara Anda setiap 1 hingga 2 bulan sekali untuk hasil terbaik.

– Gunakan kain dingin. Menempatkan kain dingin di kepala Anda dapat membantu Anda tetap dingin sepanjang malam.

Kesimpulan

Ada pro dan kontra untuk tidur dengan kipas angin di malam hari. Sementara udara yang bersirkulasi dapat memperburuk alergi dan mengeringkan kulit dan mata Anda, kipas angin juga dapat memberikan kenyamanan dan white noise yang menenangkan.

Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk menggunakan kipas angin di malam hari untuk bayi di bawah 1 tahun. Juga, orang-orang yang banyak berkeringat atau terus-menerus panas dapat mengambil manfaat dari kipas angin.

Tetapi jika Anda menderita alergi atau asma, Anda mungkin ingin mencari cara lain untuk tetap tenang. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *