Awas, Banyak Ubur-Ubur di Pantai Kulonprogo

by 4 months ago

Kulonprogo –Wisatawan diimbau untuk berhati-hati ketika bermain air di kawasan pantai di Kabupaten Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Sebab saat ini sedang musim ubur-ubur yang menepi ke pantai.

Koordinator SAR Satlinmas Wilayah V Kulonprogo, Aris Widiatmoko mengatakan ubur-ubur tersebut bisa menyengat dan beracun. “Wisatawan harus waspada saat di tepi pantai,” katanya pada Jumat (3/7).

Aris mengatakan sampai saat ini sudah ada pengunjung tersengat hewan berwarna biru bening tersebut. Umumnya mereka merupakan anak-anak yang sedang bermain di tepi pantai. “Ada laporan kemarin anak-anak yang terkena di Pantai Glagah,” ucapnya.

Ubu-ubur tersebut tak hanya terlihat berenang di air tepi pantai. Namun juga ada yang berada di pasir daratan pantai terdorong oleh ombak. “Dampaknya bisa menimbukan sesak napas, yang memiliki risiko penyakit lain bisa fatal,” tuturnya.

Salah seorang pengunjung Pantai Glagah Heru Apriyanto mengaku datang ke Pantai Glagah kuntuk berwisata. Keluarganya sudah jenuh berada di dalam rumah, dan butuh refreshing. “Saya baru pertama ke sini (Pantai Glagah), dan ubur-ubur banyak di pinggiran pantai,” katanya.

Heru mengatakan baru tahu ada banyak ubur-ubur di pantai. Ia mengira insang ikan yang dibuang di laut.  “Khawatir juga, apalagi bawa anak-anak  ke sini,” pungkasnya.(rid/eks)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *