Bansos Terdampak PPKM Darurat di Yogyakarta Sudah Cair

by
Koran jogja

Yogyakarta, Koran Jogja – Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Pemda DIY Endang Patmintarsih memastikan Juli ini bantuan sosial (bansos) tunai bagi warga terdampak pemberlakukan pembatasan kegiatan sosial (PPKM) Darurat sudah disalurkan.

“Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) menyatakan ada sebanyak 127.000 kepala keluarga atau keluarga penerima manfaat (PKM) yang menerima bantuan sebesar Rp600 ribu,” katanya Jumat (23/7)

Mereka ini dulu adalah penerima bansos tunai tahun lalu hingga April 2021 yang perbulannya Rp300 ribu. Juli ini mereka menerima pencairan dua bulan untuk Mei dan Juni ditambah beras sebanyak 10 Kg.

Bansos tunai kepada warga terdampak PPKM Darurat ini mulai hari ini sudah dicairkan di kantor pos. Guna mengantisipasi terjadinya klaster bansos, penyaluran akan melibatkan satgas penanganan Covid-19 tingkat desa dan jemput bola bagi lansia serta difabel.

Selain bansos tunai, bantuan program keluarga harapan (PKH) dan sembako bantuan pangan non tunai (BPNT) juga kepada 61.167 KK dari 186.017. Sedangkan penerima BPNT sebanyak 383.820 dengan masing-masing menerima 10 Kg beras.

Seluruh data dari DTKS akan terus diperbaharui. Jika ditemukan data yang tidak valid maka bantuan tidak diberikan.

Kepala Kantor POS Indonesia Wilayah DIY, Antonius Chrisna mengatakan sampai 22 Juli bansos tunai sudah tersalurkan sebanyak 2.891 KPM. Penyaluran masih terkendala namun optimis selesai sebelum 25 Juli.

“Karena banyak penerima yang melakukan isoman. Mereka nanti akan dijadwalkan ulang setelah masa isoman selesai,” kata Antonius.(set)