Bencana di Adonara, PP Bantul Sumbang Baju Layak Pakai

by

 

Bantul, Koran Jogja – Majelis Pimpinan Wilayah (MPW) Pemuda Pancasila (PP) Bantul bergerak cepat membantu penangganan korban bencana alam di Nusa Tenggara timur (NTT).

Dalam empat hari, dari 1.500 anggota terkumpul satu truk dan satu pick up pakaian layak serta siap pakai.

“Dari komunikasi dengan saudara-saudara sesama anggota PP di sana. Saat ini kebutuhan yang paling mendesak adalah pakaian ganti,” kata Ketua MPW PP Bantul Doni Abdul Gani, Minggu (11/4).

Doni menjelaskan dari informasi, bencana banjir bandang dan siklon cempaka ini membuat warga kesulitan mendapatkan pakaian ganti.

Sedangkan kebutuhan lain, seperti logistik selama sepekan pasca bencana sudah dipenuhi pemerintah.

Aksi gerak cepat ini menurut Doni merupakan solidaritas PP Bantul untuk membantu warga terdampak bencana.

“Saya tidak menyangka terkumpul sebanyak ini. Penggalangan bantuan dikordinasikan lewat group dan anggota di17 pengurus anak cabang (PAC) langsung bergerak,” ujarnya.

Selain sumbangan dari anggota, bantuan ini juga berasal dari sanak saudara mereka. Sumbangan ini lantas dicuci untuk sampai lokasi langsung siap pakai.

Tidak hanya berisikan baju layak pakai khusus dewasa. Juga terdampak baju layak pakai anak-anak dan selimut.

“Ini kolter pertama, rencana dua Minggu lagi kita buka kolter kedua dengan jenis bantuan yang sama. Kita juga siap mengirim relawan jika dibutuhkan,” kata Doni.

Bantuan ini kemudian disalurkan ke pusat pengumpulan bencana NTT di daerah Barbasari, Kabupaten Sleman. Dari sana bantuan akan dikirim langsung lewat udara.

Bupati Bantul Abdul Halim Muslih berkesempatan menghadiri pemberangkaran sumbangan MPW PP Bantul.

“Saya bersyukur dan bangga PP Bantul terus melakukan kegiatan bermanfaat. Khususnya kegiatan demi kegiatan kemanusiaan ketika ada musibah,” katanya.

Langkah ini menurut Bupati Halim adalah wujud satunya jiwa solidaritas dan kemanusiaan saat saudara sebangsa mengalami musibah.(set)

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *