Bug jahat Apple dilaporkan membunuh FaceTime di iPhone

by

Koran Jogja – Bug jahat telah terjadi di sekitar yang memengaruhi pengguna iPhone yang dapat menyebabkan aplikasi iMessage dan FaceTime dinonaktifkan secara acak tanpa cara untuk mengaktifkannya kembali.

Berita itu datang dari berbagai pengguna Twitter termasuk pembocor Apple terkemuka dan reporter Bloomberg Mark Gurman, yang semuanya merinci pengalaman mereka dengan bug ini.

Sejauh ini, masalah ini terbatas pada pengguna di jaringan T-Mobile dan Verizon. Itu mungkin tampak seperti kabar baik pada awalnya jika masalahnya terbatas hanya pada dua jaringan.

Namun, Verizon dan T-Mobile memiliki jaringan layanan terluas di Amerika Serikat, dan dengan lebih dari 113 juta pengguna iPhone di AS, ini bisa menjadi masalah besar.

Masalah dengan eSIM

Masalahnya secara khusus mempengaruhi chip eSIM, menurut 9 To 5 Mac. Chip eSIM memungkinkan orang untuk mengatur dan mengaktifkan ponsel mereka di jaringan melalui perangkat lunak tanpa harus menggunakan kartu SIM fisik atau mengunjungi toko operator.

Dan jika Anda tidak ingat, kartu SIM memungkinkan ponsel cerdas Anda melakukan panggilan, mengirim teks, dan terhubung ke internet melalui jaringan seluler.

Tujuan dari chip eSIM adalah untuk membuat pengaturan iPhone lebih mudah dilakukan. Sayangnya, tidak ada yang tahu persis apa yang terjadi di dalam chip eSIM yang menyebabkan masalah.

Menurut Gurman, bug ini sudah ada sejak lama. Ini memengaruhi ponsel yang menjalankan iOS 15.4, 15.5, dan 15.6 beta 1.

Baik Verizon dan T-Mobile tampaknya menyadari bug tersebut karena beberapa orang di utas Twitter itu, termasuk Gurman, menghubungi operator mereka untuk meminta bantuan. Sejauh ini, Apple belum mengakui bug tersebut, apalagi meluncurkan perbaikan patch.
Solusi

Gurman menyatakan bahwa satu-satunya solusi adalah memasukkan kartu SIM fisik merek ke iPhone untuk mengatasi bug.

Anda juga dapat menghapus akun eSIM Anda dan membuat akun baru yang diterbitkan ulang ke iPhone Anda.

Tetapi Gurman menyarankan agar hal ini tidak dilakukan karena prosesnya terlalu “rumit bagi kebanyakan orang dan seharusnya tidak perlu dilakukan.”

Satu orang menjelaskan pengalamannya dengan menerbitkan kembali eSIM melalui T-Mobile. Menurut pengguna, T-Mobile harus menerbitkan ulang eSIM tiga kali secara terpisah dan butuh waktu 30 menit untuk mengaktifkan yang terakhir.

Tapi kemudian itu menyebabkan masalah lebih lanjut dengan saluran dan perlu memanggil operator lagi.

Tidak diketahui apakah atau kapan Apple akan memperbaiki masalah ini. TechRadar telah menghubungi Apple dan Verizon dan akan memperbarui cerita ini dengan balasan mereka. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *