Sabtu, 20 April 2024
Koran Jogja

Bupati Gunungkidul Resmikan Jalan dengan Berlari

Bupati Gunungkidul Resmikan Jalan dengan Berlari. (Ist)
Bupati Gunungkidul Resmikan Jalan dengan Berlari. (Ist)

Gunungkidul, Koran Jogja – Bupati Gunungkidul Sunaryanta resmikan ruas jalan Sambipitu – Tawang 5,4 km dan Tawang – Serut sepanjang 8,2 km Jumat (29/12/2023).

Seusai peresmian, kegiatan dilanjutkan dengam “Langgeran Fun Run” yang juga diikut komunitas-komunitas lari di Gunungkidul dengan rute dari lokasi peresmian yaitu Nglanggeran Wetan dan finish Rest Area Terbah dengan jarak sejauh 3 km.

Sunaryanta berharap dengan diresmikannya dua ruas jalan baru ini dalam rangka untuk memberikan keseimbangan pembangunan antara wilayah selatan, tengah dan utara.

“Dan untuk tahun 2024 akan terus kita kembangkan daerah-daerah yang belum dan akan terus kita intervensi utamanya untuk jalan-jalan yang rusak dan perlu kita perbaiki,”

Berdasarkan data per Maret 2023, kondisi jalan di Gunungkidul dalam klasifikasi baik, sedang, rusak ringan, dan rusak berat. Dari total panjang jalan 1157,16 kilometer, kondisi baik 44,78 persen, sedang 22,32 persen, rusak ringan 11.04 persen dan rusak berat 21,86 persen.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman Kabupaten Gunungkidul Irawan Jatmiko mengatakan, penanganan long segmen ruas jalan Sambipitu – Tawang dengan nilai kontrak sebesar Rp 2,6 miliar berasal dari dana alokasi khusus (DAK). untuk penanganan ruas Tawang – Serut menelan biaya 8,6 miliyar yang berasal dari DAK dengan panjangan penanganan mencapai 8,2 km.

“Penanganan long segmen ruas jalan Sambipitu – Tawang dengan nilai kontrak sebesar 2,6 miliyar yang berasal dari DAK,” kata Irawan. (*)