Bupati Halim, Bantul Siap Sambut Pemudik dan Wisatawan

by

Bantul, Koran Jogja – Usai melakukan peninjauan di enam pos pemantau arus mudik, Bupati Abdul Halim Muslih menyatakan Bantul siap menerima pemudik dan wisatawan tahun ini. Jika terjadi kepadatan, petugas siap melakukan pengalihan arus lalu lintas.

“Dari tiga titik posko yang kita pantau, kita memastikan Bantul siap menyambut pemudik dan wisatawan. Para relawan dibawa koordinasi Polri dan TNI siap membantu pemudik terhindar dari kepadatan sehingga cepat sampai rumah,” kata Halim, Sabtu (30/4).

Sabtu sore bersama jajarannya didampingi Kapolres Bantul AKBP Ikhsan dan Dandim 0729 Letkol Agus Indra Gunawan meninjau posko pemantau jalur mudik di Jalan Parangtritis, Jalan Srandakan, dan Jalan Wates.

Halim menyatakan meski belum mencapai puncak kepadatan pemudik, namun pihaknya terus melakukan antisipasi terjadi kepadatan lalu lintas khususnya di perbatasan Bantul.

“Petugas di sana siap membantu mengatur lalu lintas. Perkiraan tidak hanya pemudik ke Yogyakarta, namun bisa jadi mereka hanya melintas saja untuk menuju Jawa Tengah. Yang pasti Bantul siap menyambut pemudik dan wisatawan,” jelasnya.

Di berbagai obyek wisata, Kepala Dinas Pariwisata Kwintarto Heru Prabowo menyatakan pihaknya telah menambah personil yang bertugas di tempat pemungutan retribusi (TPR) di beberapa pintu masuk di kawasan pantai selatan.

“Khususnya pada 3 sampai 8 Mei dimana adalah puncak libur lebaran dan arus balik. Kita akan melakukan rekayasa lalu lintas jika terjadi kepadatan. Kita himbau wisatawan yang berkunjung dalam kondisi sehat,” katanya.

Sekretaris Dinas Perhubungan Singgih Riyadi memaparkan pihaknya telah mendirikan Posko Induk di Kompleks Pasar Seni Gabusan. Selain di beberapa pos pengamanan, dan jalur vital, juga akan di tempatkan personil di Jalur Cinomati.

“Khusus Cinomati kami menghimbau kendaraan yang tidak layak maupun angkutan wisata tidak naik melintas,” katanya.

Dia juga menginformasikan Jembatan Kretek II akan tetap dibuka untuk umum mulai 29 April sampai 6 Mei 2022 pada jam 07.00 hingga 17.00 WIB. Di lokasi saat ini telah dilengkapi rambu-rambu peringatan, penunjuk arah, dan pengalihan jalur di beberapa titik yang akan digunakan untuk mengatasi kepadatan lalu-lintas.

Dinas Kesehatan telah menyiapkan tim PSC 119 yang siaga 24 jam guna penanganan kegawatdaruratan medis, serta menyiapkan IGD 24 jam di semua rumah sakit dan Puskesmas rawat inap. Selain itu, Posko Kesehatan di beberapa jalur mudik dan lokasi wisata juga dihadirkan. (Set)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *