Calon Pengganti Hanafi Rais, Yuni Astuti Mundur dari PAN

by

Yogyakarta, Koran Jogja – Calon pengganti Hanafi Rais di DPR RI, Yuni Astuti menyatakan mundur dari keanggotaan Partai Amanat Nasional (PAN), Rabu (21/4). Ia menyebut alasannya karena tak nyaman berada di partai berlambang matahari itu.

Yuni mengatakan, dirinya meminta maaf kepada semua pihak yang selama memberikan support kepadanya atas keputusannya ini.

“Saya meyakini tidak nyaman dan pas di partai ini. Saya mengalah bukan berarti saya kalah,” katanya dalam konferensi pers yang dilakukan di Yogyakarta, Rabu (21/4).

Yuni mengatakan, surat pengunduran diri dari keanggotaan telah disampaikannya ke DPP PAN dan DPW PAN DIY pada Rabu (21/4). Atas keputusannya ini, otomatis dirinya tidak jadi dilantik menjadi anggota DPR RI menggantikan Hanafi Rais yang telah lebih dahulu mundur.

“Otomatis (tidak jadi). Itu hak PAN, jadi tidak mungkin diproses PAW (Pergantian Antar Waktu),” katanya.

Yuni mengatakan, kursi di DPR RI itu juga bukan merupakan hasil keringatnya. Menurutnya itu merupakan perjuangan dari anak Amien Rais, Hanafi Rais.

“Begitu Mas Hanafi mundur, saya dikasih. Itu bukan jiwa saya. Saya ingin bertarung, berjuang, dari hasil keringat saya,” katanya.

Putra Amien Rais, Ahmad Hanafi Rais menyatakan mundur dari PAN dan DPR melalui secarrik kertas yang ditandatanganinya di atas materai pada 5 Mei 2020 lalu.(rid)