Jokowi Hadiri Konser Pancasila yang Diselenggarakan BPIP

by

Yogyakarta, Koran Jogja – Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Yudian Wahyudi mengapresiasi kehadiran Presiden Joko Widodo dan ibu negara Iriana di konser kebangsaan memperingati Hari Lahir Pancasila.

Berlangsung pada Rabu malam (1/6), konser ini digelar oleh BPIP yang berkolaborasi dengan Pemerintah Daerah Provinsi NTT, Kabupaten Ende, dan Bank NTT di Stadion Marilonga.

“Bertanjuk ‘Membumikan Pancasila dari NTT untuk Indonesia’, konser diharapkan memotivasi kami (BPIP) terus melakukan sosialisasi Pancasila dengan metode-metode kreatif dan inovatif. Salah satunya melalui pagelaran budaya dan musik,’ kata Yudian dalam rilis yang diterima Kamis (2/6).

Konser ini digelar setelah sebelumnya pada Rabu pagi digelar upacara Hari Lahir Pancasila di Lapangan Pancasila, Kabupaten Ende dan Presiden Jokowi sebagai instrukturnya.

Menurut Yudian, kunjungan Presiden dan ibu negara ini bagi masyarakat Ende sangatlah berarti.

Pasalnya kunjungan seperti ini baru pertama kali dilakukan Presiden setelah Presiden Soekarno melakukan kunjungan terakhirnya pada 1954.

“BPIP mewakili masyarakat Ende mengucapkan terimakasih sebesar-besarnya kepada Bapak Presiden dan Ibu Negara yang telah berkunjung dua malam berturut-turut,” jelas Yudian.

Selain penting, kunjungan ini menyimbolkan transformasi kebangkitan Indonesia, sama seperti Bung Karno bangkit dari pengasingan menjadi tokoh bangsa yang multitalenta dan penggagas Pancasila.

“Kunjungan Bapak Presiden Jokowi mampu menstimulasi pertumbuhan ekonomi di NTT yang sedang bergeliat ke atas pasca pandemi ini. Harapannya kolaborasi seperti ini, antara BPIP dan Pemda NTT bisa diselenggarakan di seluruh pelosok tanah air”, jelasnya.

Hadir pukul 21.25 WITA, Presiden Jokowi mengenakan jaket merah berlogo G20. Presiden tampak menikmati alunan musik Slank. Sesekali, Presiden menggerakkan kepala dan kakinya mengikuti irama lagu yang dimainkan.

Saat Slank menyanyikan lagu terakhir dalam konser tersebut, Presiden tampak beranjak dari kursi menuju panggung utama untuk menyampaikan apresiasi atas penampilan mereka.

Presiden juga menikmati penampilan dari Kla Project yang membawakan delapan lagunya. Ketika Katon Bagaskara menyanyikan lagu ‘Tentang Kita’, ia menuruni panggung dan bersalaman dengan Presiden dan Ibu Iriana, yang juga turut larut dalam alunan lagu Kla Project yang mendayu.

Setelah penampilan akhir dari Kla Project, Presiden Jokowi serta Ibu Iriana meninggalkan Stadion Marilonga. (Set)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *