Canggih, Fitur Mobil Ini Mampu Memberitahu Nyala Lampu Lalu Lintas yang Akan Dilewati

by

Koran Jogja – Produsen mobil di Eropa telah menguji coba teknologi yang memungkinkan kendaraan berkomunikasi dengan lampu lalu lintas.

Seat Leon yang baru terhubung ke infrastruktur lampu lalu lintas di Barcelona sebagai pengujian untuk mencari cara meningkatkan keselamatan jalan, arus lalu lintas, dan efisiensi lingkungan.

Ketika kendaraan mendekati lampu lalu lintas, peringatan muncul di layar yang mengatakan apakah itu akan menjadi merah, hijau atau kuning ketika mobil tiba.

Sebuah komputer telah menghitung seberapa jauh mobil itu dari lampu dan kecepatan perjalanannya setelah data lalu lintas waktu nyata dikirim membagikan data dengan sistem kendaraan.

Proses ini dikenal sebagai V2I, atau “Kendaraan ke Infrastruktur”, di mana mobil yang terhubung dapat berinteraksi dengan infrastruktur melalui koneksi internet atau jaringan area lokal nirkabel.

Jordi Caus, dari Seat, mengatakan: “Dengan proyek ini kami mengambil langkah pertama untuk menghubungkan mobil dengan infrastruktur lalu lintas secara keseluruhan.

“Ini meningkatkan keselamatan dengan memberikan informasi lanjutan tentang lampu lalu lintas yang berubah menjadi merah tergantung pada kecepatan Anda dan oleh karena itu menghindari pengereman mendadak,” katanya dikutip dari the independent.

Fitur tersebut hanya berfungsi saat mobil tidak melebihi batas kecepatan dan memungkinkan pengendara untuk mengemudi lebih lancar, kata Seat.

Seat – yang bekerja sama dengan Otoritas Lalu Lintas Spanyol, Dewan Kota Barcelona dan ETRA dalam proyek tersebut – baru saja secara resmi meluncurkan Leon baru yang diisi dengan teknologi “terkoneksi”, termasuk layar infotainment menggunakan pengenalan gerakan dan layanan eCall yang secara langsung menelepon layanan darurat jika terjadi kecelakaan mobil.

The Highways Agency sebelumnya mengatakan bahwa “sistem transportasi cerdas koperasi” akan memainkan peran penting di masa depan infrastruktur jalan raya Inggris.(rid)