Cara Mematikan PS5, Memasukkan Disk dan Transfer Data dari PS4

by

Koran Jogja – PlayStation 5 baru akhirnya tiba di seluruh dunia. Namun, sebagian besar para penggemar yang frustrasi karena mereka tidak dapat memperoleh konsol tersebut, karena kekurangan stok.

Tetapi mereka yang mendapatkan PlayStation 5 baru pada tanggal rilis mengalami beberapa masalah dengan konsol, termasuk cara mematikannya.

Ini mungkin tampak seperti pertanyaan sepele bagi siapa saja yang belum menggunakan konsol baru, dan terutama mereka yang kesulitan untuk membelinya. Tetapi PlayStation 5 memang memiliki beberapa fitur aneh yang berarti tindakan memasukkan disk atau mematikannya bisa lebih rumit daripada yang terlihat.

Cara mematikan PS5

Di PS4, ini cukup sederhana, dan dapat dilakukan dengan beberapa penekanan tombol. Tahan logo PlayStation, tunggu menu untuk muncul, navigasikan ke “power” dan kemudian pilih untuk mematikan atau pergi ke mode istirahat.

Di PlayStation 5, ini lebih membingungkan. Menekan tombol PS tidak melakukan apa-apa sama sekali, dan Anda harus menavigasi melalui lebih banyak tombol menu untuk mematikan konsol.

Untuk melakukannya, Anda masih perlu menekan tombol PS, meskipun tidak perlu menahannya – segera setelah ditekan, menu akan muncul. Kemudian Anda perlu menavigasi ke ujung kanan menu yang muncul di bagian bawah, yang dapat Anda lakukan paling cepat dengan mendorong ke kiri dan berputar-putar. Di sana, Anda akan menemukan opsi daya, dan Anda dapat mengeklik dan memilih mode istirahat atau matikan.

Meskipun Anda tahu cara melakukan ini, ini lebih merupakan proses yang rumit daripada yang terlihat. Desain ulang menu PS5 difokuskan untuk membawa Anda berkeliling dengan lebih cepat dan mudah, dan oleh karena itu nampaknya sangat aneh bahwa pengoperasian sederhana seperti itu menjadi lebih sulit.

Dalam beberapa hal, cara tercepat adalah dengan menekan tombol daya di bagian depan konsol. Tetapi hal itu membutuhkan berdiri, dan bahkan memiliki kerumitannya sendiri, karena agak sulit membedakan antara tombol “eject” dan “power off”

Cara memasukkan disk

Sekali lagi, ini mungkin tampak jelas: Anda mengambilnya dan menggesernya ke dalam drive. Tapi itu satu lagi yang menyebabkan masalah, dengan para pemain melaporkan masalah setelah menempatkan mereka di jalan yang salah.

Pengguna melaporkan di forum bahwa disk mereka tidak muncul, dan mereka tidak dapat bermain game, sebelum menemukan itu karena mereka terbalik di dalam PlayStation. (Ini secara teoritis bahkan dapat menyebabkan kerusakan pada drive, meskipun tampaknya belum menjadi masalahnya.)

Masalah ini mungkin terjadi karena – tidak seperti PlayStation lainnya – konsol dirancang untuk berdiri, membuatnya lebih sulit untuk membedakan mana yang “up” untuk disk. Dengan demikian, mereka dapat dengan mudah pergi dengan cara apa pun.

Cara terbaik untuk memahaminya adalah dengan membayangkan, bagaimanapun, bahwa konsol Anda telah diletakkan dalam pengaturan horizontal yang lebih tradisional, yang menempatkan drive disk di sisi kiri konsol. Kemudian Anda dapat memasukkan cakram seperti biasa, dengan sisi yang mengilap di bawah, dan ini akan berfungsi dengan baik.

Cara mentransfer data PS4 ke PS5

Tidak diragukan lagi, ini adalah masalah yang paling rumit, dan paling tidak jelas, yang dihadapi orang-orang dengan konsol baru mereka. Untungnya, ini juga diperbaiki dengan cukup sederhana, meskipun memerlukan sedikit kerja keras.

Satu hal yang perlu diperhatikan adalah jika Anda ingin memulai dari awal, Anda mungkin tidak perlu benar-benar mentransfer data. Permainan digital apa pun hanya dapat diunduh ulang dari toko, cakram dapat diputar seperti biasa, dan data seperti teman Anda akan tetap tersedia dengan cara yang sama.

Tetapi jika tidak, Anda harus mentransfer data Anda melalui jaringan rumah. Itu dapat dilakukan baik dengan menghubungkan kedua konsol ke jaringan, baik melalui WiFi atau koneksi kabel, atau menghubungkannya dengan kabel ethernet.

Anda kemudian dapat menyalakan kedua konsol dan, pada PS5 Anda, masuk ke pengaturan, lalu sistem, lalu perangkat lunak sistem, lalu transfer data, dan ikuti petunjuk, yang mengharuskan Anda untuk menekan beberapa tombol pada PS4 Anda juga. Semuanya kemudian harus mengikuti dengan cukup sederhana, dan data Anda harus disinkronkan.

Ini semua sedikit lebih rumit daripada di Xbox Series X dan S, yang menyinkronkan data ke cloud secara otomatis. Yang harus Anda lakukan di sana adalah mengunduh atau memasukkan permainan Anda dan mulai bermain, dan kemajuan Anda akan disinkronkan.(rid)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *