Cara Membuat Gelembung Sabun, Bisa Dicoba Trik Ini

by

Koran Jogja – Cara membuat gelembung sabun itu cukup mudah. Meniup gelembung adalah hobi klasik dan aktivitas menyenangkan untuk anak-anak dari segala usia. Tapi bagaimana mereka dibuat?

Mengapa gelembung sabun bulat? Anda dapat meniup gelembung dengan campuran sabun dan air apa pun, tetapi tambahkan bahan “rahasia” dan Anda akan mendapatkan gelembung buatan sendiri yang lebih besar dan lebih kuat!

Apa saja yang anda butuhkan untuk membuat gelembung super?

– Sabun cuci piring cair/cairan pencuci piring

– Air hangat (air keran tidak apa-apa, tapi air suling membuat gelembung terbaik)

– Wadah

– Gliserin atau sirup jagung ringan

– Tongkat gelembung atau sedotan

Cara Membuat Gelembung Sabun Buatan Sendiri

Ikuti resep gelembung buatan sendiri ini menggunakan bahan “rahasia” untuk mendapatkan gelembung raksasa yang lebih kuat dan lebih baik! Bandingkan resep gelembung ini dengan campuran sabun dan air apa pun.

Takar 6 gelas air ke dalam satu wadah, lalu tuangkan 1 gelas sabun cuci piring ke dalam air dan aduk perlahan hingga sabun tercampur. Usahakan jangan sampai busa atau gelembung terbentuk saat mengaduk.

Ukur 1 sendok makan gliserin atau 1/4 cangkir botol sirup dan tambahkan ke wadah. Aduk larutan tersebut hingga tercampur rata.

Anda dapat langsung menggunakan larutan tersebut, tetapi untuk membuat gelembung yang lebih baik lagi, tutup wadah dan biarkan larutan super gelembung Anda semalaman.

Celupkan tongkat gelembung atau sedotan ke dalam campuran, tarik perlahan, tunggu beberapa detik, lalu tiup. Seberapa besar gelembung yang bisa Anda buat? Berapa banyak gelembung yang dapat Anda buat dalam satu napas?

Apa Itu Gelembung?

Gelembung adalah kantong sabun dan air yang berisi udara. Ketika sabun dan air dicampur bersama dan udara dihembuskan ke dalam campuran, sabun membentuk kulit atau dinding tipis dan menjebak udara, menciptakan gelembung.

Gelembung sabun bukan satu-satunya jenis gelembung. Anda dapat menemukan gelembung dalam banyak cairan. Anda mungkin melihat gelembung kecil di air biasa, tetapi gelembung itu akan selalu ada di dalam air, atau mengambang di permukaan air, tidak melayang di udara.

Ada gelembung di soda pop juga. Hal khusus tentang gelembung sabun adalah bahwa mereka dapat mengapung bebas di udara; mereka tidak harus menyentuh air atau cairan lain seperti kebanyakan gelembung. Bisakah kamu menemukan gelembung lain di sekitar rumahmu? Bagaimana dengan sesuatu yang bulat dan berisi udara seperti gelembung?

(Beberapa contohnya adalah bola, balon, dan bungkus gelembung.)

Bagaimana sabun membantu membuat gelembung dari air? Sabun membuat tegangan permukaan air lebih lemah dari biasanya.

Ini juga membentuk kulit cairan yang sangat tipis yang lebih fleksibel daripada air. Ketika udara terperangkap di bawah permukaan campuran sabun dan air, kulit yang lentur meregang menjadi bentuk bola (bulat seperti bola), membuat gelembung!

Anda dapat melihat kulit fleksibel yang membentuk gelembung dengan mencelupkan tongkat gelembung ke dalam larutan gelembung. Saat Anda menariknya keluar, lubang itu akan diisi dengan kulit cairan yang bisa diregangkan. Jika Anda meniup lembut pada kulit, Anda akan meniup gelembung!

Apa yang Terjadi dengan Gelembung?

Karena gelembung terbuat dari sabun dan air, mereka hanya bisa bertahan selama airnya bertahan. Di udara kering, air menguap- itu diserap oleh udara kering di sekitar gelembung dan kulit gelembung menjadi lebih tipis dan lebih tipis sampai akhirnya meletus!

Penguapan bukan satu-satunya hal yang mengeluarkan gelembung. Apa pun yang kering bisa meledakkannya. Ketika sebuah gelembung melayang di udara dan mendarat di jari Anda, di atas rumput kering, dinding rumah Anda, atau bulu hewan peliharaan Anda, gelembung itu akan meletus.

Ketika sesuatu yang tajam dan kering menyentuh gelembung, itu membuat lubang di kulit gelembung, semua udara keluar darinya, dan gelembung menghilang! Untuk mempelajari cara menyentuh gelembung tanpa meletuskannya, lakukan Trik 2 dalam percobaan Trik Gelembung.

Mengapa Gelembung Bulat?

Gelembung yang mengapung di udara dan tidak melekat pada apapun selalu berbentuk bulat karena dinding tipis sabun menarik ke dalam sedangkan udara di dalamnya mendorong keluar. Gelembung selalu mencoba untuk mengambil ruang terkecil dan menahan udara sebanyak mungkin.

Bola, bola bundar berbentuk gelembung, adalah cara terbaik untuk mengambil sedikit ruang dan menahan banyak udara. Bahkan ketika gelembung mulai berbentuk persegi atau bentuk lain, seperti dalam Trik 1 dari percobaan Trik Gelembung, gelembung itu akan selalu berubah menjadi bola bundar segera setelah melayang ke udara. Gelembung persegi akan memakan lebih banyak ruang daripada yang bulat.

Ada beberapa kali gelembung tidak bulat. Terkadang angin meniup mereka ke dalam bentuk yang berbeda. Ketika gelembung dikelilingi oleh banyak gelembung lain, gelembung yang berada di tengah akan terjepit menjadi bentuk lain, seperti bujur sangkar atau segi enam (bentuk dengan enam sisi).

Cobalah meniup banyak gelembung tepat di samping satu sama lain dalam wadah yang dangkal dan lihat apakah ada yang tidak bulat. Jika Anda meletuskan gelembung di bagian luar, gelembung di bagian dalam tidak akan tergencet lagi dan mereka akan mendorong kembali ke luar untuk membentuk gelembung lagi.(reh)