Rabu, 24 Juli 2024
Koran Jogja

Cara Merebus Telur Agar Tidak Pecah dan Mudah Dikupas

Cara Merebus Telur Agar Tidak Pecah dan Mudah Dikupas. (pexels)
Cara Merebus Telur Agar Tidak Pecah dan Mudah Dikupas. (pexels)

Koran Jogja – Cara merebus telur agar tidak pecah dan mudah dikupas akan cukup mudah ketika mengetahui trik sederhananya.

Bagi seorang pemula yang ingin mencoba memasak, ada beberapa tip dan trik mudah untuk merebus telur dengan sempurna.

Memang tampak sederhana memasak telur dengan cara direbus. Tetapi terkadang menjadi rumit untuk mencapai konsistensi sempurna. Terutama bagi pemasak pemula.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut adalah beberapa kiat yang mudah untuk pemula yang ingin merebus telur tanpa repot.

Pilih telur yang tepat

Memilih telur untuk direbus, sangat penting supaya bisa lebih mudah dikupas setelah dimasak. Telur yang bagus untuk direbus adalah yang tidak terlalu segar.

Telur yang sedikit lebih tua akan mudah dikupas setelah direbus. Jika memungkinkan, pakai telur yang sudah beberapa hari disimpan di kulkas.

Diamkan telur di ruangan

Sebelum direbus, sebaiknya telur dibiarkan mencapai suhu kamar supaya bisa membantu mencegah retak saat dimasak.

Pakai panci yang tepat

Gunakan panci yang agak tinggi, sehingga bisa menampung telur secara keseluruhan. Panci yang terlalu pendek bisa menjadi penyebab masakan tidak matang merata.

Mulai masak

Langkah pertama merebus telur adalah dengan memasukkan telur ke dalam panci. Tambahkan air dingin sampai telur tenggelam secarea keseluruhan. Pastikan ketinggian air dingin ini sekitar 1 inci di atas telur.

Selanjutnya, besarkan api pada kompor sampai air mendidih. Lalu tambahkan sedikit garam agar proses memasaknya lebih cepat.

Setelah air mendidih, kecilkan api dalam kompor. Cara ini bisa mencegah telur memantul dan pecah.

Durasi waktu merebus telur dengan kuning telur encer sekitar 4-6 menit. Sedangkan kuning telur agak keras sekitar 7-9 menit.

Untuk telur dengan kuning telur matang sempurna adalah sekitar 10-12 menit.

Dinginkan

Setelah matang sesuai keinginan, angkat panci dan segera pindahkan telur ke semangkuk air es supaya bisa menghentikan proses memasak dan membancu mencegah telur terlalu matang.

Cara mengupas telur

Cara mengupas telur adalah dengan mengetuk secara lemput permukaan yang keras. Gulung dengan tangan untuk melonggarkan cangkangnya.

Lalu mulai mengiupas dari ujung yang lebih lebar yang biasanya ada kantong udara, sehingga akan mudah dikupas. (*)

Baca artikel lainnya:

Leave a Reply