Cara Pemkot Yogya Digitalisasi Pelaku Ekonomi di Perkampungan

by

Yogyakarta, Koran Jogja – Pemerintah Kota Yogyakarta menyiapkan infrastruktur digital berupa pemasangan wifi di semua RW pada 2021 ini. Upaya tersebut dilakukan, guna mendukung digitalisasi pelaku ekonomi.

Wakil Wali Kota Yogyakarta, Heroe Poerwadi mengatakan, dewasa ini perkembangan teknologi informasi telah berkembang dengan pesat dan mampu menghadirkan beragam informasi dan komunikasi melalui sebuah gadget.

Kemajuan Teknologi Informasi di sektor ekonomi telah menyebabkan adanya pergeseran peran pasar dari pasar yang nyata beralih ke pasar digital, transaksi jual beli dari tatap muka juga beralih melalui media sosial, alat pembayaran yang semula berupa mata uang tunai juga bergeser ke uang digital.

“Bebagai perubahan tersebut nyata adanya terlebih di era pandemi dimana kita harus menjaga jarak, maka secara tidak sadar kita dipaksa untuk banyak mengakses mengakrabi gadget menuju era digital,” ujarnya.

Namun kondisi pandemi ini juga merupakan tantangan yang melahirkan peluang bisnis, model bisnis dan pasar. Oleh karena itu Pemkot Yogyakarta telah menyiapkan infrastruktur digital berupa pemasangan wifi di semua RW di tahun 2021 guna mendukung digitalisasi pelaku ekonomi di Kota Yogyakarta. Bahkan ada 22 pasar yang dikembangkan menjadi pasar digital, salah satunya adalah pasar Prawirotaman.

Selain itu Pemkot Yogya juga telah menyiapkan ekosistem pasar digital melalui edukasi masyarakat, peningkatan kapasitas UMKM, pemasaran dan market place. Kegiatan tersebut telah dilakukan melalui kerjasama dengan pengusaha, perguruan tinggi dan komunitas.

“Kami ucapkan terimakasih pada BAKTI yang telah menyelenggarakan pelatihan ini. Mari kita sambut era digital dengan meningkatkan kapasitas, kemitraan dan pasar guna meningkatkan kesejahteraan UMKM,” ucapnya.(rid)