Catat, Di Gunungkidul Ada Vaksinasi 24 Jam Selama Dua Pekan

by

Gunungkidul, Koran Jogja – Karena banyaknya warga daerah pinggiran Gunungkidul yang belum mendapatkan vaksin karena kesulitan mendaftar maupun harus bekerja. Komando Distrik Militer (Kodim) 0730 menggelar vaksin 24 jam selama dua pekan dengan target 100 ribu vaksin jenis Sinovac.

Saat ditemui usai meninjau di sentra vaksinasi yang dipusatkan di area kolam renang Tirto Bhakti Utomo Kodim 0730 Gunungkidul, Senin (6/9) Komandan Kodim 0730/Gunungkidul Letkol Kav Anton Wahyudo menyatakan gelaran vaksinasi dimulai sejak 4-18 September.

“Kami ingin memfasilitasi warga Gunungkidul yang selama ini kesulitan mengakses vaksin maupun tidak memiliki waktu karena bekerja. Sehingga mereka bisa memanfaatkan waktu usai bekerja untuk divaksin,” kata Dandim Anton.

Disentra vaksin, Anton mengatakan vaksin akan menyasar semua warga wajib vaksin dan berusia di atas 12 tahun tanpa memandang KTP domisili. Mereka cukup membawa fotokopi identitas untuk mendaftar dan langsung mendapatkan vaksin.

Dengan target capaian vaksin hingga 100 ribu selama dua pekan, Anton mengatakan pihaknya tidak hanya ​menggelar di satu titik untuk pelaksanaan vaksin. Namun setiap harinya akan​ ​ada sekitar empat sampai lima titik yang berpindah sesuai dengan permintaan masyarakat. Tidak hanya itu, bagi masyarakat yang berdomisili jauh dari lokasi vaksin, Kodim telah menyiapkan kendaraan penjemput dan pengantaran.

“Kami menargetkan keseluruhan titik mencapai vaksinasi lima ribu orang per hari. Selain untuk dosis pertama, kami juga menyiapkan vaksin bagi warga yang sudah terjadwal mendapatkan vaksin dosis kedua,” lanjutnya.

Mengenai sentra vaksinasi yang berlangsung selama 24 jam, Anton mengatakan ini sesuai dengan arahan Kepala BAIS Letjen TNI Joni Supriyanto agar masyarakat selama dua minggu warga terkonsentrasi di sini.

Secara umum kegiatan vaksinasi ini bekerjasama dengan Badan Intelijen Strategis (BAIS) TNI dan Badan Intelijen Negara (BIN) dibantu oleh Polres, Pemkab dan stakeholder bidang kesehatan.

“Di sen​tra​ sini kami menyiapkan petugas dalam tiga shift jam kerja mulai pukul 07.00 sampai malam hari. Sehingga masyarakat tidak usah kuatir tidak terlayani,” jelasnya.

Dari informasi, vaksinasi 24 jam penuh oleh Kodim 0730/Gunungkidul ini merupakan yang pertama di Indonesia.(set)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *