Ciri-Ciri Smartphone yang Sudah Harus Diganti, Wajib Tahu!

by

Koran Jogja – Banyak dari kita akan setuju, ketika ada yang menyebutkan bahwa smartphone merupakan salah satu barang yang wajib dan harus dimiliki oleh semua orang. Bukan karena untuk bergaya dan pamer di sosial media, tapi memang karena fungsi smartphone yang bisa multitasking untuk membantu mengefektifkan kegiatan harian kita.

Seiring dengan berjalannya waktu, pasar smartphone di Indonesia sudah sangat meluas, dengan berbagai jenis model, tipe, kelebihan, kekurangan, dan rentang harga termurah 1 jutaan hingga mencapai harga dua digit. Maka tak heran, kalau kini banyak sekali orang yang rela kredit handphone demi mendapatkan smartphone impian.

Namun, secanggih-canggihnya sebuah smartphone, mereka tetap hanya sebuah produk teknologi yang dikembangkan menjadi lebih bagus dan dapat memenuhi kebutuhan penggunakan teknologi harian. Tidak ada satu pun perusahaan produksi smartphone yang dapat menjamin bahwa produk mereka dapat dipakai seumur hidup.

Tak heran, kalau angka peminatan smartphone berbagai tipe setiap tahun selalu mengalami fluktuasi. Rata-rata, orang akan mengganti unit smartphone mereka ke unit baru pada tahun ke-3 pemakaian smartphone. Alasannya pun bermacam-macam, ada yang merasa bosan dengan smartphone yang dimiliki, namun ada juga yang mengganti smartphone karena kondisinya yang sudah tidak memungkinkan lagi untuk digunakan.

Ada beberapa ciri yang dapat Anda perhatikan yang menjadi pertanda bahwa Anda harus mengganti smartphone Anda ke unit baru. Apa saja? Ini dia pembahasan lengkapnya.

Baterai Smartphone yang Cepat Habis

Ciri-ciri smartphone sudah harus diganti yang satu ini mungkin sering dirasakan oleh mereka yang memiliki smartphone. Terlebih, ketika handphone tersebut seringkali digunakan dalam satu hari, bahkan ketika saat proses charging juga masih digunakan.

Baterai smartphone yang cepat habis alias bocor menjadi salah satu tanda paling mudah, bahwa smartphone sudah tidak memiliki keefektifan seperti awal mula ketika dibeli. Ada beberapa hal yang menyebabkan baterai smartphone menjadi cepat habis, meskipun sedang kondisi stand by alias tidak digunakan.

Salah satunya yaitu seringnya penggunaan smartphone bahkan ketika sedang diisi dayanya. Ini menjadi salah satu penyebab utama mengapa baterai smartphone bisa mudah bocor, meskipun sudah diganti dengan baterai baru.

Aktivitas penggunaan smartphone meskipun sedang diisi baterai ini sebenarnya juga tidak baik untuk kesehatan, lho. Karena smartphone dalam proses charging ini akan menghasilkan panas yang berlebih, sehingga memperbesar kemungkinan akan terjadinya mengalirnya aliran listrik ke tubuh pengguna smartphone.

Sistem Operasi yang Sudah Tidak Dapat Diperbarui

Untuk ciri-ciri yang satu ini pasti akan terjadi kepada semua jenis smartphone, ketika masanya sudah datang. Sistem operasi sendiri memiliki peranan sangat penting di dalam smartphone, karena sistem operasi berfungsi sebagai otak untuk handphone.

Biasanya, untuk sistem operasi yang sudah tidak dapat diperbarui ini disebabkan dari pihak eksternal, seperti vendor yang memutuskan untuk melakukan pemberhentian pembaruan sistem operasi pada tipe-tipe smartphone tertentu.

Handphone yang tidak diperbarui sistem operasinya dalam kurun waktu yang lama akan menjadi sarang emput untuk ancaman malware, tidak dapat mengunduh beberapa aplikasi tertentu, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Smartphone Sering Mati Total Mendadak

Untuk ciri-ciri yang satu ini mungkin tidak semua pengguna smartphone mengalaminya. Namun, bukan berarti kasusnya tidak pernah terjadi, bukan?

Smartphone yang sering tiba-tiba mati sendiri ini sering diakibatkan karena terjadinya kerusakan pada bagian internal smartphone, seperti kerusakan pada baterai, sistem operasi, dan masih banyak lagi.

Penyebabnya sebagian besar karena rasa abai dari para pengguna smartphone. Seperti, meletakkan smartphone di tempat yang berdebu sehingga debunya masuk pada bagian dalam smartphone, atau mungkin penggunaan smartphone yang terlalu berlebihan yang menyebabkan timbulnya panas berlebih, sehingga dapat memicu terjadinya kerusakan pada bagian dalam smartphone.

Kalau sudah terlanjur, memang baiknya smartphone kamu ganti ya! Daripada terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Performa Smartphone yang Melambat

Untuk ciri-ciri smartphone harus diganti yang satu ini mungkin dapat membuat semua orang sebal. Apalagi, ketika Anda adalah tipikal orang yang setiap waktu membutuhkan smartphone untuk mengerjakan pekerjaan Anda.

Biasanya, smartphone yang performanya mulai menurun ini dikarenakan beberapa faktor yang terjadi beriringan. Beberapa di antaranya seperti ruang penyimpanan yang sudah mulai penuh, banyaknya aplikasi yang ada di dalam smartphone, data cache yang sudah menumpuk, dan masih banyak lagi.

Untuk masalah satu ini bisa Anda selesaikan dengan cara menghapus aplikasi-aplikasi yang tidak perlu, hingga melegakan ruang penyimpanan yang ada. Akan tetapi kalau performa smartphone lambat ini sudah sering terjadi, ada baiknya Anda mempertimbangkan diri untuk membeli sebuah unit smartphone yang baru.

Beberapa Ciri di Atas Sudah Terjadi Berulangkali

Ini mungkin menjadi penentu krusial, apa sudah saatnya Anda melakukan pergantian unit smartphone lama ke unit smartphone yang baru. Beberapa masalah di atas masih tergolong ke ciri-ciri umum smartphone yang sudah harus diganti.

Apabila permasalah tersebut telah terjadi berulangkali secara berkelanjutan, ada baiknya Anda mulai mempertimbangkan membeli smartphone baru sebagai penggantinya.

Kini, Anda tidak perlu khawatir lagi untuk membeli sebuah unit smartphone baru. Karena telah hadir Traveloka PayLater, sebagai metode pembayaran dari Traveloka yang memungkinkan penggunanya untuk membeli barang sekarang dan bayar di kemudian hari.

Ada juga sistem cicilan dengan beberapa pilihan tenor yang dapat Anda pilih. Jadi, tunggu apalagi? Segera cek Traveloka sekarang juga, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *